Penggunaan Media dan Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMPN 5 Banguntapan

Deliyana Safitri, Rena Nuryanah, Hermanto Hermanto

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk megetahui media dan strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru Bahasa Indonesia di SMP Negeri 5 Banguntapan. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif deskriptif. Adapun hasil penelitian ini adalah deskripsi tentang : 1) strategi pembelajaran yang terdiri dari (a) diskusi. (b) tanya jawab, (c) ceramah, (d) demonstrasi, dan (e) kerja kelompok, 2) media pembelajaran yang terdiri dari (a) koran, (b) buku LKS, (c) buku paket, dan (d) slide powerpoint. Temuan-temuan tersebut membuktikan bahwa penggunaan media dan strategi pembelajaran di SMP Negeri 5 Banguntapan sudah bervariasi, akan tetapi perlu adanya perkembangan yang lebih bervariatif lagi di bidang media dan strategi pembelajaran, salah satunya guru dapat memanfaatkan pembelajaran berbasis IT yang tentunya akan lebih menarik minat belajar siswa.

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, R. D., & Nurjanah, F. (2020). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Media Quizizz dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis pada Siswa Kelas X Sma. Prosiding SAMASTA Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1–6.

Muna, N. (2014). Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri Analisis Penerapan Metode. Ekonomi Akuntansi, 1(8), 1–13.

Nasution, W. N. (2017). Strategi Pembelajaran.. Medan: Perdana Publishing.

Rahmat, P. S. (2009). Penelitian Kualitatif. In Journal Equilibrium, 5 (9), 1–8. yusuf.staff.ub.ac.id/files/2012/11/Jurnal-Penelitian-Kualitatif.pdf

Rohani. (2019). Diktat Media Pembelajaran. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 1–95.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.