Pendapat Siswa SMA Muhammadiyah Bantul Yogyakarta Tentang Pentingnya Bahasa Inggris

Safira Adni, Algifani Rizki Arsayli, Muhammad Saeful Effendi

Abstract


Dengan adanya Bahasa Inggris sebagai Bahasa internasional, orang-orang di dunia mendapatkan kemudahan dalam berkomunikasi dengan orang yang memiliki Bahasa yang berbeda. Bahasa Inggris yang merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang ada dalam kurikulum di Indonesia memiliki peran penting dalam membentuk peserta didiknya untuk mengenali Bahasa asing tersebut. Namun, untuk meningkatkan keahlian dalam berbahasa Inggris, dibutuhkan lingkungan yang mendukung supaya seseorang dapat menguasai secara aktif, tidak hanya di bangku sekolah saja. Masih ada Sebagian orang yang menganggap Bahasa Inggris tidak terlalu diperlukan selama masih berada di lingkungan yang memang tidak memerlukan Bahasa Inggris. Dalam pandangan pelajar SMA Muhammadiyah Bantul, mereka sudah menyadari pentingnya Bahasa Inggris dan apa tujuan mereka mempelajarinya. Mereka hanya membutuhkan dukungan dan lingkungan yang sesuai untuk membantu mereka menguasai Bahasa Inggris dengan baik.

Keywords


Pentingnya Bahasa Inggris, pendapat siswa

Full Text:

PDF

References


Arfanti, Y. (2021). Penggunaan bahasa inggris sehari-hari di antara sesama guru dan siswa untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian.

Fitriana, I. (2012). Menguasai bahasa inggris : bekal potensial dalam pengembangan wirausaha. Seminas Competitive Advantage II, 1.

Kholid, I. (2017). Motivasi Dalam Pembelajaran Bahasa Asing. English Education: Jurnal Tadris Bahasa Inggris IAIN Raden Intan, 10(1), 61–71.

Rohayati, D. (1990). Analisis strategi pembelajaran bahasa dalam pembelajaran bahasa inggris sebagai bahasa asing. Jurnal Mimbar Agribisnis, 1, 269–280.

Rohayati, D., Herlina, R., & Rianto, B. (2019). Pelatihan Bahasa Inggris Untuk Paguyuban Pedagang “Kawargian Adat” Dengan Metode Project-Based Learning. Abdimas Galuh, 1(1), 1. https://doi.org/10.25157/ag.v1i1.2875

Sari, I. (2019). Kesulitan mahasiswa dalam pembelajaran bahasa inggris. Jurnal Manajemen Tools, 11(1), 81–98.

Sari, L., & Lestari, Z. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa dalam Menghadapi Era Revolusi. Seminar Nasional Pendidikan, 12(1), 443–453. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2566

Suharyanto. (2018). Menyiasati kegagalan pembelajaran bahasa inggris sebagai bahasa asing. Riksa Bahasa: Jurnal Bahasa, Sastra. Dan Pembelajarannya, 4(November), 253–260.

Sulasih. (2017). Pembelajaran Bahasa Inggris melalui Multimedia. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 2, 200–204.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.