Implementasi Nilai Positif Terhadap Pendidikan Karakter Santri MBS Prambanan di Lingkungan Sekolah

Annisa Fitria Rahma Andriani, Diana Eka Septyawati, Mohammad Ardi Kurniawan

Abstract


Artikel ini mengulas tentang Implementasi Nilai Positif Terhadap Pendidikan Karakter Santri MBS Prambanan di Lingkungan Sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mempelajari suatu hal yang membahas mengenai nilai positif terhadap karakter santri di Muhammadiyah Boarding School Prambanan Yogyakarta sehingga dapat ditekuni serta dapat diterapkan di sekolah lainnya. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Metode penelitian yang digunakan yaitu observasi dan instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman wawancara  dan peneliti sebagai instrumen kunci. Sumber data penelitian ini adalah observasi secara langsung nailai-nilai positif dan karakter santri Muhammadiyah Boarding School Prambanan Yogyakarta serta wawancara terhadap beberapa guru yang ada di sekolah. Pada penelitian ini banyak mengandung  beberapa nilai positif yang dapat diterapkan dan dipelajari khususnya di lingkungan sekolah.

Keywords


implementasi,nilai positif, pendidikan karakter, lingkungan sekolah

Full Text:

PDF

References


Julaiha, S. (2014). Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran. Dinamika ilmu, 226-239.

Mansur, Ahmad. (2019). Strategi Pengembangan Kedisiplinan Siswa. 4(1), 16-28.

Sabardila, A., Budiargo, A. D., Wiratmoko, G., Himawan, J. A., Triutami, A., Intansari, A., ... & Suistri, S. (2019). Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan melalui Kegiatan Penghijauan pada Siswa MIM Derasan Sempu, Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 35-41.

Sudrajat, A. (2011). Mengapa pendidikan karakter?. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1).

Ramdhani, Muhammad, A. (2014). Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 8(1), 28-37.

Riyan. (2018). Implementasi Kemandirian dan Jiwa Sosial (Life Skills) Santri di Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 286-309.

Budiyanto, Mangun. dan Machali, Imam. (2014). Pembentukan Karakter Mandiri Melalui Pendidikan Agriculture di Pondok Pesantren Islamic Studies Center Aswaja Lintang Songo Piyuangan Bantul. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(2), 108-122.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.