Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IX B dan F di SMP N 1 Kalasan

Panji Dwi Satrio, Nurul Rahmawati Dwi Rahmawati, Sudaryanto Sudaryanto

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan yakni mendeskripsikan penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas IX B dan E di SMP N 1 Kalasan. Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di SMP N 1 Kalasan Langkah-langkah penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran bahasa Indonesia yaitu, mengamati (observing), menanya, mencoba, menalar, dan mengomunikasikan. Faktor pendukung antara lain guru yang sesuai kualifikasi pada beberapa bidangnya, sarana prasarana yang memadai, dan lingkungan pembelajaran yang nyaman. Faktor penghambat yaitu kurangnya pemahaman siswa unuk mengeksploitasi materi secara mandiri.

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid (2014). Implementasi Kurikulum 2013. Bamdung: Interes Media

Fathurrohman, M dan Sulistyorini. 2012. Belajar Dan Pembelajaran Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Yogyakarta: Teras

Kemendikbud. 2014. Panduan Teknis Pembelajaran dan Penilaian. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

M. Hosnan. (2014). Pedekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21.Bogor: Galia.

Rianita Agdiyanti Rukmana dan Moh. Hafid Effendy Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia; Vol. 1 No.2, 2020 107

Wahjoedi. (1999). Jurnal Iptek Olahraga. Jurnal. Jakarta : Pusat Pengkajian dan Pengembangan IPTEK (PPPITOR)

Wina Sanjaya, Pembelajaran dalam Implementasi Kurikilum Berbasis Kompetensi, (Jakarta: Prenada Media Group, 2005 ), h. 2.

Winartha,Made. 2006 . Metodologi Penelitian Sosial Ekonomi. Yogyakarta: Andi Ofsset. Jamaluddin. 2003. Problematika Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta. Adicita Karya Nusa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.