Penanaman Karakter Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Pra Pembelajaran di SMP Negeri 1 Bantul

Ihda Husnul Khotimah, Aprilia Putri Hapsari, Eva Zulvi Wityastuti, Ainun Amaliya Paramita, Arif Rahman

Abstract


ak terelakkan bahwa pada era 4.0 pembentukkan karakter sangatlah penting di dunia pendidikan. Terlebih dengan adanya karakter dapat meningkatkan kualitas pendidikan yang dijalani setiap peserta didik. Tujuan adanya penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan karakter kepada peserta didik di SMP Negeri 1 Bantul, dengan mengimplementasikan karakter profil pelajar Pancasila. Kemudian dalam penelitian ini menelaah penerapan karakter profil pelajar Pancasila melalui kegiatan pra pembelajaran yang berjalan. Selanjutnya, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan snowballing sampling. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan karakter profil pelajar pancasila melalui kegiatan pra pembelajaran di SMP Negeri 1 Bantul berjalan dengan baik, karena kegiatan pra pembelajaran berasaskan dimensi profil pelajar Pancasila, sehingga dapat mencetak peserta didik yang berakhlak mulia, berkualitas, dan berintegritas tinggi. Berjalannya secara baik proses penerapan karakter profil pelajar Pancasila di SMP Negeri 1 Bantul, tidak terlepas adanya konsistensi, terstruktur, dan terkontrol yang dilakukan oleh seluruh civitas akademisi SMP Negeri 1 Bantul.


Keywords


Penerapan, Karkater, Profil Pelajar Pancasila, Pra Pembelajaran, SMP Negeri 1 Bantu

Full Text:

PDF

References


Audina, D., Soleh, D. A., & Sumantri, M. S. (2021). Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air dan Kedisiplinan dalam Kegiatan Upacara Bendera di Sekolah Dasar DKI Jakarta. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 5(No. 1), 66.

Irawati, D., & dkk. (2022). Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Jurnal Edumaspul, vol 6(no1).

Isdiyana. (2022). Wawancara pada 10 Agustus 2022di SMP Negeri 1 Bantul pukul 09.20 WIB.

Kemendikbud Ristek. (2021). Panduan Pengembangan Projek Profil Pelajar Pancasila. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Solihah, R., & dkk. (2022). Penerapa KuriKulum Prototype pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.