Analisis Metode Kibar dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur'an di SD Muhammadiyah Noyokerten

Rosa Rahayu Mintarsih, Asmal Qonita Budi Rahayu, Lovandri Dwanda Putra

Abstract


Pembelajaran membaca Al-Qur’an yang diterapkan pada TPA ataupun SD memiliki metode yang bermacam-macam. Metode yang digunakan di SD Muhammadiyah Noyokerten yakni menerapkan metode kibar pada siswa sekolah dasar. Metode kibar hampir sama dengan metode Iqra’, hanya saja pada metode kibar diajarkan dengan mengenalkan huruf-huruf hijaiyah dimulai dari huruf yang sama terkait bunyi dalam melafadzkannya. Pembelajaran membaca kibar di SD Muhammadiyah Noyokerten berlangsung setiap pagi hari setelah sholat dhuha. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran terkait metode kibar dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di SD Muhammadiyah Noyokerten. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus terhadap pelakasanaan metode kibar di SD Muhammadiyah Noyokerten. Data ini diperoleh dari hasil observasi dan wawancara kepada guru dan beberapa siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode kibar dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di SD Muhammadiyah Noyokerten sangat menarik dan sebagai solusi yang tepat untuk diterapkan pada siswa sekolah dasar.

Keywords


Pembelajaran Al-Qur’an, kibar, siswa, SD Muhammadiyah Noyokerten

Full Text:

PDF

References


Atikaharni, W. (2018). Implementasi Metode Kibar untuk Cepat Mampu Membaca Al-Qur’an Pada Peserta Didik Sekolah Dasar Hikmah Teladan Kota Cimahi.

Bukalapak.com, Gambar buku kibar ABC. Diakses pada https://www.bukalapak.com/products/s/kibar-abc-cara-cepat-membaca

Mualif, A. (2013). PENERAPAN METODE IQRO’DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) ISYROQIYAH DESA KARANGGEDANG KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto).

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.