Implementasi Literasi Al-Qur'an di SMK Negeri 1 BANTUL

Hesty Andri ani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1. Tujuan dari pelaksanaan literasi Al-Qur’an di SMK  N 1 Bantul, 2. Pengimplementasian literasi Al-Qur’an di SMK N 1 Bantul. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang diambil dari sumber data primer berupa observasi dan wawancara serta data sekunder berupa kajian pustaka dengan mengumpulkan data dari penelitian yang pernah dilakukan. Literasi Al-Qur’an sangat dibutuhkan bagi setiap umat Islam. Hal ini dapat ditanamkan sejak dini dengan melalui pembiasaan dan pengembangan yang dilakukan pada ranah pendidikan: sekolah, keluarga, dan masyarakat. Salah satunya lembaga pendidikan formal yang mengadakan literasi Al-Qur’an yakni SMK Negeri 1 Bantul. Dengan adanya literasi Al-Qur’an maka akan berpengaruh bagi kemampuan bacaan siswa serta menumbuhkan budaya baca Al-Qur’an yang nantinya dapat menaikkan iman, ketakwaan, dan akhlak mulia.

Keywords


Implementasi, Literasi, Al-Qur’an

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2017). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Bumi Aksara.

Assingkily, M. S. (2019). Peran Program Tahfiz Dan Tahsin Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Literasi Al-Qur’an Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 9(1), 186–215. https://doi.org/10.22373/jm.v9i1.4157

Endang Sumarti, Jazeri, M., Putri, N., & Masitoh, D. (2020). Penanaman Dinamika Literasi pada Era 4.0. Pendidikan, 4(April).

Ningsih, L. (2021, 14 September). Budaya Literasi Al-Qur’an untuk Meningkatkan Keterampilan Baca Tulis Al-Qur’an pada Siswa SMP. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/liami8685/6124b2a731a2871bca5bb882/budaya-literasi-al-qur-an-untuk-meningkatkan-ketrampilan-baca-tulis-al-qur-an-pada-siswa-smp, diakses pada tanggal 14 September 2022 pukul 02.38

Oktariani, O., & Ekadiansyah, E. (2020). Peran Literasi dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 1(1), 23–33. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v1i1.11

Sari, E. S., & Pujiono, S. (2017). Budaya Literasi di Kalangan Mahasiswa FBS UNY. LITERA, 105–113.

Shihab, N., & Belajar, K. G. (2020). Literasi Menggerakkan Negeri. Literati.

Siti, A. (2020). Literasi Al-Qur’an dalam Mempertahankan Survivalitas Spritulitas Umat. Jurnal Keislaman Dan Kemasyarakatan, 4(1), 203–228. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/aliman/article/view/3960

Suneti, R. (2012). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berwawasan Rekontruksi Sosial. Madrasah, 6(November). https://doi.org/10.18860/jt.v0i0.2184

Syarifuddin, U. H., Munir, M., & ... (2021). Implementasi Literasi Al-Qur’an dalam Pembinaan Karakter Religiusitas Peserta Didik pada SMA/SMK di Kabupaten Sidenreng Rappang. … : Jurnal Pendidikan …, 06(01). https://journal.unismuh.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/4288%0Ahttps://journal.unismuh.ac.id/index.php/tarbawi/article/viewFile/4288/3515

Trimansyah, B. (2019). Model Pembelajaran Literasi untuk Pembaca Awal. Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan.

Yusuf, B. B. (2017). Konsep Dan Indikator Pembelajaran Efektif. In Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan (Vol. 1, Issue 2, pp. 13–20).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.