Pengembangan Modul Pembelajaran Materi Eksponen untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 2 Bantul

Salmaningrum Kusuma Wardhani, Aan Hendroanto, Rahila Andini Salsabila

Abstract


Artikel ini dilatarbelakangi oleh kurang tersedianya bahan ajar di SMK Muhammadiyah 2 Bantul yang menyebabkan motivasi belajar siswa menjadi rendah dan bertujuan guna meningkatkan motivasi belajar siswa. Metodologi yang dilakukan berupa penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Tahapan yang dilalui model ADDIE ini yaitu analisis atau observasi, perancangan, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Hasil penelitian dinyatakan bahwa terdapat empat indikator motivasi belajar yang memiliki hasil tinggi dan satu indikator yang memiliki hasil rendah. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan e-modul dengan materi pokok eksponen ini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X SMK Muhammadiyah 2 Bantul.


Keywords


matematika;e-modul;motivasi

Full Text:

PDF

References


Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida journal, 5(2), 172-182.

Hamalik, Oemar. 1990. Metode Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung : Tarsilo

Monika, M., & Adman, A. (2017). Peran efikasi diri dan motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 110-117.

Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal, A. (2018). Pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa SMK. Invotek: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 18(1), 25-30.

Sugianto, D., Abdullah, A. G., Elvyanti, S., & Mulyadi, Y. (2013). Modul virtual: Multimedia flipbook dasar teknik digital. Jurnal Innovation of Vocation Technologi Education, 9(2), 101-116

Wahyu, K. (2015, November). Changing mathematics classroom setting: looking into students’ response and performance in learning. Paper presented at International Conference on Mathematics, Science and Education Mataram University, Mataram -Indonesia.

Wahyu, K., & Mahfudy, S. (2016). Sejarah matematika: Alternatif strategi pembelajaran matematika. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 9(1), 89-110.

Wahyugi, R., & Fatmariza, F. (2021). Pengembangan multimedia interaktif menggunakan software macromedia flash 8 sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 785-793.

Warsita, B. (2008). Teknologi pembelajaran: Landasan dan aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Winarno. (2008). Teknik Evaluasi Media Pembelajaran. Jakarta: Jenius Prima.

Wiratmojo, P dan Sasonohardjp, 2002. Media Pembelajaran Bahan Ajar Diklat Kewidyaisawaraan Berjenjang Tingkat Pertama, Lembaga Administrasi Negara

Hamalik, Oemar. 1990. Metode Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung : Tarsilo

Monika, M., & Adman, A. (2017). Peran efikasi diri dan motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 110-117.

Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal, A. (2018). Pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa SMK. Invotek: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 18(1), 25-30.

Sugianto, D., Abdullah, A. G., Elvyanti, S., & Mulyadi, Y. (2013). Modul virtual: Multimedia flipbook dasar teknik digital. Jurnal Innovation of Vocation Technologi Education, 9(2), 101-116

Wahyu, K. (2015, November). Changing mathematics classroom setting: looking into students’ response and performance in learning. Paper presented at International Conference on Mathematics, Science and Education Mataram University, Mataram -Indonesia.

Wahyu, K., & Mahfudy, S. (2016). Sejarah matematika: Alternatif strategi pembelajaran matematika. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 9(1), 89-110.

Wahyugi, R., & Fatmariza, F. (2021). Pengembangan multimedia interaktif menggunakan software macromedia flash 8 sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 785-793.

Warsita, B. (2008). Teknologi pembelajaran: Landasan dan aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Winarno. (2008). Teknik Evaluasi Media Pembelajaran. Jakarta: Jenius Prima.

Wiratmojo, P dan Sasonohardjp, 2002. Media Pembelajaran Bahan Ajar Diklat Kewidyaisawaraan Berjenjang Tingkat Pertama, Lembaga Administrasi Negara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.