Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Induksi Matematika di SMAN 1 Jetis Bantul

Arfina Maya Ismawati, Intan Feranika Dewi Saputri, Suparman Suparman

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan letak kesalahan yang dilakukan oleh para peserta didik dalam memecahkan masalah materi Induksi Matematika. Pembuktian induksi matematika memiliki 2 langkah yaitu : (a) Langkah dasar. Membuktikan bahwa  benar; dan (b) Langkah induksi. Mengansumsikan bahwa  bernilai benar; serta Membuktikan bahwa  bernilai benar. Penetian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian para peserta didik kelas XI MIPA 4 di SMAN 1 Jetis Bantul tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah 36 peserta didik. Dalam analisis tersebut peserta didik dikelompokkan kedalam 3 kemampuan kognitif yaitu kemampuan kognitif tingkat tinggi, sedang, dan rendah. Kemudian dipilih 3 peserta didik dimana masing-masing dari mereka mewakili kelompok tersebut untuk dianalisis lebih lanjut. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah hasil penilaian (tes) induksi matematika, wawancara, serta dokumentasi. Berdasarkan hasil serta pembahasan, dapat peneliti simpulkan bahwa penelitian ini menunjukkan apabila letak kesalahan yang dilakukan oleh para peserta didik adalah kesalahan konseptual, kesalahan prosedural, dan juga kesalahan teknik. Dengan jenis kesalahan yang paling dominan dilakukan adalah kesalahan prosedural.

Keywords


Analisis; Kesalahan Peserta Didik; Induksi Matematika

Full Text:

PDF

References


Adriani, S. H., & Bennu, S. (2021). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Induksi Matematika Kelas XI MIA MA Ddi Lonja. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 8(3), 359-370.

Bahtiar, B. (2020). Pembelajaran Kurikulum 2013; Mutu Pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Di Kota Kendari (2013-2019). Pangadereng: Jurnal Hasil Penelitian Ilmu Sosial Dan Humaniora, 6(2), 230-240. https://doi.org/10.36869/pjhpish.v6i2.170

Daswarman, D. (2020). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau dari Prosedur Newman. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 4(1), 73-80. https://doi.org/10.24036/jep/vol4-iss1/435

Ernawati, E., & Ilhamuddin, I. (2020). Deskripsi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pokok Bahasan Induksi Matematika. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2). http://dx.doi.org/10.33387/dpi.v9i2.2274

Fajri, N., Nasriadi, A., & Nirmala, D. (2019). Analisis Kesalahan Konsep Mahasiswa Pada Pokok Bahasan Induksi Matematika Di STIKIP Bina Bangsa Gesempena Banda Aceh. Numeracy, 6(2), 164-171.

Faoziyah, A., & Rohyati, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran DMR (Diskursus Multy Reprecentasy) Terhadap Kecerdasan Logis Matematis Dan Self Efficacy Pada Materi Induksi Matematika. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM) (Vol. 1, No. 1, pp. 331-343).

Feriyanto. (2018). The Ability Of Students Mathematical Proof In Determining The Validity Of Argument Reviewed From Gender Differences. In Journal Of Physics (Pp. 1– 7). Institute Of Physics. doi :10.1088/1742-6596/947/1/012042

Firmasari, S., & Sulaiman, H. (2019). Kemampuan Pembuktian Matematis Mahasiswa Menggunakan Induksi Matematika. Journal Of Medives: Journal Of Mathematics Education Ikip Veteran Semarang, 3(1), 1-9. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.642

Gerhani, J., Bey, A., & Ndia, L. (2019). Analisis Kesalahan Matematika Materi Lingkaran Ditinjau Dari Tingkat Kemampuan Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Kendari. J penelit pendidik mat, 7(2). http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v7i2.8272

Hidayah, S., Laeli, S. N., & Hidayati, N. (2022). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Induksi Matematika. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 5(1). https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i1.4730

Kurniasi, E. R., & Juwita, I. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Ditinjau Dari Kemampuan Tinggi, Sedang, Rendah. Edutainment: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kependidikan, 7(1), 21-34. doi : 10.35438/e.v7i1.160

Muchlis, E. E. (2017). Analisis Kesalahan Mahasiswa Pada Materi Integral Lipat Di Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu. In Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika Uny (Vol. 265272).

Nugrahani, F., & Hum, M. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Solo: Cakra Books, 1(1).

Nugraha, A. A., & Sari, A. F. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Materi Trigonometri Kelas X. In Prosiding Si Manis (Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai-Nilai Islami) (Vol. 1, No. 1, Pp. 123-127).

Suciati, I., & Wahyuni, D. S. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Operasi Hitung Pecahan Pada Siswa Kelas V SDN Pengawu. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 11(2). http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3760

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyaningsih, A., & Rakhmawati, E. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Kastolan Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Matematika, 19(2), 123-130.

Ulfa, D., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Logaritma Menggunakan Tahapan Kesalahan Kastolan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 542-550.

Utomo, D. P., & Huda, M. (2020). Pemahaman Relasional Analisis Proses Pembuktian Menggunakan Induksi Matematika. Yogyakarta : CV. Bildung Nusantara.

Wulandari, T., & Resta, E. L. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Lingkaran. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(3), 1693-1697. https://doi.org/10.31004/jptam.v2i3.158

Zagoto, M. M., & Dakhi, O. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Peminatan Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 1(1), 157-170. https://doi.org/10.31004/jrpp.v1i1.884


Refbacks

  • There are currently no refbacks.