PERAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SEBAGAI SARANA UNJUK BAKAT SISWA SD MUHAMMADIYAH NOYOKERTEN

Uliy Elma Fadila, Lovandri Dwanda Putra, Maulina Maulina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kegiatan kegiatan ekstrakurikuler sebagai sarana unjuk bakat siswa SD Muhamamdiyah Noyokerten. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif dengan dengan membuat gambaran dengan cara reduksi atau penyederhanaan data, paparan atau sajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan memperoleh hasil bahwa kegiatan ekstrakurikuler memiliki peran sebagai sarana unjuk bakat siswa.

Full Text:

PDF

References


Prastyo, H. (2014). Survei pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler olahraga pada sekolah dasar negeri di Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar tahun 2013. ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 3(9).

Amirzan, M. Y. (2019). Tanggapan Siswa Terhadap Manfaat Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga dalam Pengembangan Prestasi dan Potensi Diri. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 2(1), 79- 87.

Afrita Heksa, S. P. (2021). Ekstrakurikuler IPA Berbasis Sainpreneur. Deepublish.

Semiawan, C. R. (1997). Perspektif Pendidikan Anak Berbakat, Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Creswell, J. W. (2014). Research Desaign.

Roosinda, F. W., Lestari, N. S., Utama, A. G. S., Anisah, H. U., Siahaan, A. L. S., Islamiati, S. H. D., ... & Fasa, M. I. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Zahir Publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.