Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Bidang Ejaan Pada Karangan Teks Berita Kelas VIII di SMP Muhammadiyah 1 Mlati

Syakillah Shaqrina, Anis Setiawati, Oskar Putu Ikhwan, Dedi Wijayanti

Abstract


Kesalahan berbahasa Indonesia adalah penggunaan bahasa Indonesia, secara lisan maupun tertulis, yang berada di luar atau menyimpang dari faktor-faktor komunikasi dan kaidah kebahasaan dalam bahasa Indonesia. Penelitian ini berutujuan mendeskripsikan bentuk kesalahan berbahasa dalam bidang ejaan pada karangan teks berita siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 1 Mlati. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Teknik analisis data menggunakan teknik simak dan catat. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi. Data kemudian dicatat dan diklasifikasikan berdasarkan jenisnya. Sumber data dalam penelitian ini adalah karangan teks berita siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 1 Mlati. Dari hasil penelitian, diperoleh data sebanyak 39 data kesalahan berbahasa dalam bidang ejaan yang terdapat pada adalah karangan teks berita siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 1 Mlati. Dari data tersebut dapat dirincikan antara lain: kesalahan penggunaan huruf kapital sebanyak 11 data, kesalahan penulisan kata berimbuhan sebanyak 1 data, kesalahan penulisan kata berulang sebanyak 2 data, kesalahan penulisan kata depan sebanyak 3 data, kesalahan penulisan angka dan bilangan sebanyak 2 data, kesalahan pemakaian tanda titik sebanyak 10 data, kesalahan pemakaian tanda koma sebanyak 7 data, kesalahan penggunaan kata baku sebanyak 3 data.

Keywords


Kesalahan Berbahasa, Siswa,teks berita

Full Text:

PDF

References


Apriliana, Anggi Citra, and Avini Martini. 2018. “Analisis Kesalahan Ejaan Dalam Karangan Narasi Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kecamatan Sumedang Selatan.” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 7, no. 2: 227. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i2.6267.

Chaer, A. (2015). Sintaksis Bahasa Indonesia. Yogyakarta : Rineka Cipta.

Ejaan, Bidang, and Tribun News. 2021. “Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Vol. 10 No. 3 September 2021 Http://Jurnal.Umt.Ac.Id/Index.Php/Lgrm” 10, no. 3:

–55.

Febrianti, Yanti, dkk. 2019. Analisis Kesalahan Berbahasa pada Bidang Ejaan dan Sintaksis dalam Karangan Berbahasa Indonesia. Primaria Educationem Journal, 2(2): 199-209.

Setiawati, S.2016.Penggunaan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dalam Pembelajaran Kosakata Baku dan Tidak Baku pada Siswa Kelas IV SD.Jurnal Gramatika:Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia,2(1),44-51.

Setyawati, N.2013. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia: Teori dan Praktik. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sudaryanto. 2005. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta:Duta Wacana University Press


Refbacks

  • There are currently no refbacks.