Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Barisan dan Deret di SMPN 1 Jetis Bantul

Lina Rachmawati, Nur Azizah Khoirunnisa, Uswatun Khasanah

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui dan mendeskripsikan letak kesalahan peserta didik kelas VIII A SMPN 1 Jetis Bantul dalam menyelesaikan soal Barisan dan Deret. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas VIII A SMPN 1 Jetis Bantul. Dalam analisis tersebut peserta didik dikelompokkan dalam 3 kemampuan kognitif, yakni kemampuan kognitif tinggi, sedang, dan rendah. Kemudian dipilih 3 peserta didik yang mewakili ketiga kelompok tersebut untuk dianalisis lebih lanjut. Untuk mengetahui jenis kesalahan yang dialami oleh peserta didik dalam menyelesaikan soal Barisan dan Deret, peneliti menggunakan indikator kesalahan Kastolan. Menurut hasil dan pembahasan, dapat diambil kesimpulan bahwa penelitian ini menunjukkan apabila letak kesalahan yang dilakukan oleh para peserta didik adalah kesalahan konseptual, kesalahan prosedural, dan kesalahan teknik. Dimana jenis kesalahan yang paling banyak ditemukan yakni kesalahan konseptual.

Keywords


Analisis, Barisan dan Deret, Kesalahan, Matematika

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. (2012). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Annisa, R., & Kartini, K. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal barisan dan deret aritmatika menggunakan tahapan kesalahan Newman. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 522-532.

Handayani, T., Hartatiana, H., & Muslimahayati, M. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi barisan dan deret aritmatika. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 160-168.

Hudojo, H. (2003). Common Text Book Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: JICA.

Khanifah, N. M., & Nusantara, T. (2013). Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Prosedural Bentuk Pangkat Bulat dan Scaffoldingnya. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 1-14.

Mahfud, Mujib, A., Agus Kurniawan, M., & Yunita, Y. (2015). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multietnik. Deepublish.

Natsir, N., Tandiayuk, M.B., & Karniman, T.S. (2016). Profil Kesalahan Konseptual dan Prosedural dalam Menyelesaikan Soal Cerita Himpunan di kelas VII SMPN 1 SINIU. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 3(4).

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Solo: Cakra Books.

Putri, S., Husna, A., & Agustyaningrum, N. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Barisan Dan Deret Berdasarkan Teori Newman Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1548-1561.

Rosita, V. Y. (2015). Pengaruh penggunaan buku ajar Matematika Nalaria Realistik (MNR) dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa SD Muhammadiyah Krian-Sidoarjo (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Sugiyono. (2010). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sukirman. (2012). Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Ulfa, D., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Logaritma Menggunakan Tahapan Kesalahan Kastolan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 542-550.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.