Improving Students' Writing Skills Through Poster Comment Method

Nur Hayati, Wulan Setia Wardah, Azwar Abbas

Abstract


Latar belakang dari penelitian ini yaitu rendahnya kesadaran siswa atas pentingnya literasi, khususnya dalam kemampuan menulis menggunakan Bahasa Inggris. Oleh karena itu, peneliti menggunakan metode Poster Comment supaya siswa lebih semangat dan aktif dalam meningkatkan kemampuan menulis mereka. Penelitian ini dengan rumusan masalah yaitu bagaimana perencanaan penggunaan metode Poster Comment pada materi Congratulating and Compimenting yang dimana objek penelitiannya yakni siswa kelas X AKL (Akuntansi dan Keuangan Lembaga) di SMK Muhammadiyah Cangkringan. Peneliti menggunakan metode Classroom Action Research. Ada dua siklus penelitian yang dipakai oleh peneliti dengan rentang waktu dan metode ajar yang berbeda, sehingga output yang dihasilkan bahwasanya siswa kelas X AKL di SMK Muhammadiyah Cangkringan dapat belajar lebih fokus dan dapat meningkatkan kemampuan menulisnya, terutama dalam menulis mempergunakan Bahasa Inggris sesuai materi yang peneliti ajarkan.

Keywords


Poster Comment, writing skills

Full Text:

PDF

References


Durga, S. S., & Rao, C. S. (2018). Developing students’ writing skills in English. Journal for Research Scholars and Proffessionals of English Language Teaching, 2(6), 1–69. https://www.researchgate.net/publication/325489625%0ADeveloping

Ilic, D., & Rowe, N. (2013). What is the evidence that poster presentations are effective in promoting knowledge transfer? A state of the art review. Health Information and Libraries Journal, 30(1), 4–12. https://doi.org/10.1111/hir.12015

Ni Kd Wijayanti, M.G Rini Kristiantari, I. . S. M. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Poster Dapat Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dalam Bahasa Indonesia Tema Cita-Citaku. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–9.

Wati, U. A., Mulyasari, E., & Jailani, M. S. (2022). Poster Comment Strategy In Increasing Students ’ Learning Motivation During Covid-19 ( Case Study In Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan ). 6(6), 8634–8646.

Zulhelmi, Adlim, & Mahidin. (2017). Pengaruh media pembelajaran interaktif terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa [The effect of interactive learning media on improving students’ critical thinking skills]. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 72–80.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.