Model Peningkatan Baca Tulis Al-Qur'an melalui Matrikulasi BTQ di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta

Nurrabia Bunga Mara Patih, Safira Rona Mahmudah, Yusron Masduki

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan sebuah gambaran dan menganalisis model peningkatan Baca Tulis Al Qur’an melalui matrikulasi BTQ yang dilakukan di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu kualitatif deskriptif. Sumber data yang dilakukan berupa sekunder dan juga primer. Tempat penelitian dilakukan di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta yang berlangsung selama 1 bulan. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan juga pengamatan di lapangan. Hasil penelitiannya adalah tingkat pemahaman siswa dalam BTQ yang awalnya rendah menjadi lebih paham melalui matrikulasi BTQ. Dimana Matrikulasi BTQ ini sangat membantu siswa terutama yang memiliki latar belakang bukan dari MTs ataupun pesantren. Sehingga dengan adanya matrikulasi BTQ ini sangat disarankan untuk diikuti maupun juga dapat meningkatkan kemampuan dalam Baca Tulis Al Qur’an.

Keywords


Model Peningkatan; Baca Tulis Al Qur’an; Matrikulasi

Full Text:

PDF

References


Anjaryati, F. (2009). Model Pendidikan Kedisplinan di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. UIN Sunan Kalijaga.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT. Rineka Cipta.

Baihati, L., & Diah Pramesti, S. L. (2020). Peningkatan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Mahasiswa PAI Melalui Program Matrikulasi BTQ. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 30. https://doi.org/10.30659/jpai.3.1.29-38

Cresweel, john w. (2015). Penelitian Kualitatif Dan Desain Riset. International Journal of Physiology, 3(1), 674.

Ichsan. (2004). Orientasi Nilai Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Pendidikan Agama Islam, 1(1), 60.

Idris, M. (2020). Implementasi Program Btaq (Baca Tulis Alquran) Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Alquran Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Sleman Yogyakarta. In Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Universitas Islam Indonesia.

Kusuma, Y. (2018). Model-Model Perkembangan Pembelajaran Btq Di Tpq/Tpa Di Indonesia. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 46–58. https://doi.org/10.18860/jpai.v5i1.6520

Meiviro. (2021). Peranan Matrikulasi dalam Meningkatkan Kelancaran Baca Al Qur’an terhadap Siswa Siswi MAN 01 Kota Bengkulu. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.

Rif’iyati, D. (2019). Penguatan Baca Tulis Alquran Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam IAIN Pekalongan. Jurnal Madaniyah, 9(2), 298.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.