Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi apa saja motivasi yang dapat mempengaruhi belajar bahasa Inggris di dalam SMA Muhammadiayah 5 Yogyakarta. Penelitian ini juga memiliki tujuan untuk memberikan solusi untuk mempermudah tenaga didik dalam memberikan ajaran kepada siswa/i. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada siswa SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta. Kuesioner yang disebarkan memuat sejumlah 20 pertanyaan yang disusun menggunakan Skala Likert. Teknik Sample yang digunakan adalah sampling random. Hasil yang diperoleh dari penelitisn ini adalah faktor motivasi dari luar memiliki pengaruh yang terbesar dibandingkan faktor motivasi yang lain. Faktor motivasi yang ada memuat bagaimana cara pengajar atau orang lain berhasil mempengaruhi siswa untuk menyukai belajar Bahasa Inggris. Sehingga, kualitas dari tim pengajar perlu dipertimbangkan karena menjadi faktor pendukung yang paling dominan dari yang lainnya untuk mempertahankan motivasi belajar siswa. Oleh karena itu, kualitas pengajar dalam melakukan tugasnya harus ditingkatkan agar dapat meningkatkan motivasi belajar dari siswa di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta.
References
Dauyah, E., & Yulinar, Y. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Bahasa Inggris Mahasiswanon-Pendidikan Bahasa Inggris. Jurnal Serambi Ilmu, 30(2), 196. https://doi.org/10.32672/si.v30i2.761
Fadhilah, U., Tinggi, S., Kesehatan, I., & Tanjungpinang, H. (2017). Motivasi Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa Stikes. 7(2).
Kholid, I. (2017). Motivasi Dalam Pembelajaran Bahasa Asing. English Education: Jurnal Tadris Bahasa Inggris IAIN Raden Intan, 10(1), 61–71.
Palittin, I. D., Wolo, W., & Purwanty, R. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Fisika. MAGISTRA: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 101–109. https://doi.org/10.35724/magistra.v6i2.1801
Sukardi, K. (2020). Pentingnya Belajar Dan Pembelajaran Bahasa Inggris. Academia.Edu. https://www.academia.edu/43239484/PENTINGNYA_BELAJAR_DAN_PEMBELAJARAN_BAHASA_INGGRIS