Internalisasi Nilai Religius melalui Hafalan Al-Qur’an di SMK 1 Pleret

Muhammad Fauzan Islami, Yusron Masduki, Indah Nur Bouti, Hesti Klatina Putri, Farhan Ichsan Utama

Abstract


Penelitian ini ditulis guna mengetahui apa saja nilai-nilai religius yang berhasil di Implementasikan kepada pesertadidik oleh pihak sekolah yaitu SMK 1 Pleret. Kemudian untuk metode penelitian yang digunakan pada artikel ilmiah ini yaitu jenis penelitian Kulaitatif dan juga didukung dengan pendekatan Deskriptif yang diamana data yang ditemukan didapatkan melalui Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi yang dilakukan di SMK 1 Pleret ini. Kemudian untuk hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu Peserta didik mendapat beberapa manfaat dan  nilai-nilai religius melewati kegiatan hafalan ini, yaitu nilai-nilai religius amanah, tabligh atau menyampaikan kebenaran, amanah, serta mendapat beberapa manfaat seperti hafal surat-surat pendek untuk melaksanakan kegiatan ibadah yaiu sholat.  Dengan demikian pihak sekolah yaitu SMK 1 Pleret dapat menanamkan nilai-nilai relgius pada peserta didiknya guna membentuk karakter yang berkualitas dan berakhlaqul karimah serta menjadi generasi bangsa yang bisa dikatakan berkualitas dan bertaqwa sehingga dapat memajukan bangsa dan tidak mengamalkan berbagai macam kegiatan yang dapat merugikan bangsa dan negara.

Full Text:

PDF

References


Albi Anggito, J. S. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Andarusni Alfansyur, M. (2020). Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi Teknik, Sumber dan Waktu pada Penelitian Pendidikan Nasional. HISTORIS : Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 148.

Dian Chrisna Wati, D. B. (2017, November Sabtu). Penanaman Nilai-nilai Religius di Sekolah Dasar untuk Penguatan Jiwa Profetik Siswa. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III, p. 61.

Fitriyah, A. S. (2021). Internalisasi Nilai-Nilai Religius kepada Siswa melalui kegiatan Ekstrakurikuler Khitobah di SMK PGRI KUWU Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2021/2022. Journal IKLILA: Jurnal Studi Islam dan Sosial.

Hermawan, I. (2020). Konsep Amanah dalam Perspektif Pendidikan Islam. Qalamuna-JurnalPendidikan,Sosial,danAgama, 141.

Munandar, S. A. (2022). PENGERTIAN PENDIDIKAN, ILMU PENDIDIKAN, DAN UNSUR-UNSUR PENDIDIKAN. Jurnal Al Urwatul Wutsqa, 2-3.

Sahrul Gunawan, T. N. (2022). Pembentukan Karakter Religius melalui Program Hafal Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Tambusa.

Setyowati, E. (2019). Pendidikan Karakter FAST (Fathonah, Amanah, Shiddiq, Tabligh). Yogyakarta: Deepublish.

Zukhrufin, F. K. (2021). Desain Pembelajaran Akhlak Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. JOURNAL OF ISLAMIC EDUCATION, 128-129

Hasil wanwancara dengan Bapak Jatmiko, M.Pd.I., M.S.I. Selaku Guru Pendidikan Agama dan Budipekerti pada Hari Sabtu, 13 September 2022 Pukul 06.47


Refbacks

  • There are currently no refbacks.