Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Bambanglipuro

Sandra Indah Rifani, Cerrila Alamanda, Sutipyo Ru'iya

Abstract


Dalam tulisan ini, peneliti menggali implementasi nilai-nilai pendidikan karakter melalui mata pelajaran Agama Islam di SMA Negeri 1 Bambanglipuro. Juga mengkaji upaya guru pendidikan agama Islam dan sekolah yang bersangkutan untuk menerapkan pendidikan karakter melalui mata pelajaran pendidikan agama Islam. Dalam penelitian ini, metode yang kami gunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adanya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan bentuk usaha lembaga pendidikan dalam mengimplementasi nilai pendidikan karakter bagi siswa guna mencerdaskan tidak hanya kognitif namun juga cerdas secara spiritual. Pendidikan karakter melalui mata pelajaran Pendidikan Agama Islam juga dapat ditunjukkan dengan cara belajar siswa yang kreatif dan kritis dalam berpikir serta memiliki moral dalam bertindak

Keywords


(Pendidikan Karakter, Pendidikan Agama Islam, SMA Negeri 1 Bambanglipuro)

Full Text:

PDF

References


Adha, M. K., & Darmiyanti, A. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Islam dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 917–924. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2008

Aji, A. H. (2016). Pendidikan Karakter dalam Ekstrakurikuler Pramuka di SMP Negeri 1 Yogyakarta. Kebijakan Pendidikan, V(1), 1–15. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/sakp/article/view/1424

Basuki, K. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter pada Ekstrakurikuler Drama (Teater). Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Subang, 4(1), 1689–1699. www.journal.uta45jakarta.ac.id

Kurniawan, M. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Dalam Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Batusangkar. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 147. https://doi.org/10.31958/jaf.v4i2.416

Nisa, A. F., & Khosiyono, B. H. C. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kultur Sekolah di Sekolah Dasar. Prosiding SENSASEDA, 1(1), 1448–1458. https://www.jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/sensaseda/article/view/1573

Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter dalam Mata Pelajaran PKN di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4331–4340. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1565

Putri, N. A. (2013). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Mata Pelajaran Sosiologi. KOMUNITAS: International Journal of Indonesian Society and Culture, 3(2), 205–215. https://doi.org/10.15294/komunitas.v3i2.2317

Shafwan, R. (2020). Pendalaman Karakter Siswa-Siswi Dalam Ekstrakurikuler Teater Di SMA Negeri 1 Alalak Menggunakan Olah Sukma. DESKOVI : Art and Design Journal, 3(1), 59. https://doi.org/10.51804/deskovi.v3i1.728

Suardi, S., Herdiansyah, H., Ramlan, H., & Mutiara, I. A. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Jaya Negara Makassar. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 4(1), 22–29. https://doi.org/10.26618/jed.v4i1.1983

Suwahyu, I., & Fakhri, M. (2022). Penanaman Nilai Nilai Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran PAI di SMPN 4 Satap Bungoro. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 836–842. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Wattimena, M. (2021). Mengimplementasikan Pendidikan Karakter di SMA Negeri 13 Makassar. Education, Language, and Culture, 1(1), 59–66.

Zabidi, A. (2019). Kreativitas Guru dalam Memanfaatkan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran PAI di Sd Sekecamatan Bawen Kabupaten Semarang. Jurnal Inspirasi, 3(2), 2019.

Zularwan, Rasyidin, A., & Sinaga, A. I. (2017). Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Karakter pada K13 dalam PAI dan Budi Pekerti di SMP Islam Al Amjad Medan Sunggal. Edu Religia, I(4), 558–572.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.