Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada Materi Matriks terhadap Motivasi Belajar Siswa

Jundi Anisa Gladi Gumilang, Lolita lolita, Aan Hendroanto

Abstract


Adapun tujuan dari penelitian ini ialah agar bisa mengetahui pengaruh dari penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada materi Matriks terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuatitatif. Penelitian ini berlangsung selama 1 bulan yang dimulai pada tanggal 10 Agustus hingga 10 September 2022. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik SMA Negeri 3 Bantul kelas XI IPS dengan sampel diperoleh sebanyak 50 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket berskala likert dengan menghitung rata-rata presentase skor setiap indikatornya. Adapun hasil dari penelitian ini  menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan LKPD pada materi Matriks terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini dikarenakan adanya peningkatan rata-rata motivasi belajar dari sebelum penggunaan LKPD sebesar 57,30% menjadi 76,20% setelah penggunaan LKPD. LKPD juga dikategorikan baik untuk kelayakannya. Hal ini ditunjukkan dari respon siswa yang rata-rata skor setiap indikatornya berada pada interval

Keywords


LKPD, Matriks, Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Baharun, H. (2015). Penerapan Pembelajaran Active Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Madrasah. Jurnal Pendidikan Pedagogik, 01(01).

Dini Rahma Diani, Nurhayati, D. S. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Menulis Cerpen Berbasis Aplikasi Android. Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 7, 2. https://doi.org/10.20961/basastra.v7i2.37800.

Fitriyah, L. A., & Wardana, H. K. (2019). Profil Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Unsur, Senyawa, Dan Campuran Dengan Pendekatan STEM. Jurnal Zarah, 7(2), 86–92. https://doi.org/10.31629/zarah.v7i2.1430.

Fuadati, M., & Wilujeng, I. (2019). Web-Lembar Kerja Peserta Didik IPA terintegrasi potensi lokal pabrik gula untuk meningkatkan rasa ingin tahu peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 98–108. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.24543.

Mahardika, H. C., Ismawati, R., Rahayu, R., Tidar, U., & Utara, M. (n.d.). Penerapan Lkpd Berbantuan Simulasi Phet Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Ipa Peserta Didik Smp. 39, 61–70.

Monika, M., & Adman, A. (2017). Peran Efikasi Diri Dan Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2). https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8111

Prastowo, A. (2016). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press. Yogyakarta. In Diva Press.

Suhendri, H., & Mardalena, T. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar. Formatif : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2).

Sariani, L. D., & Suarjana, I. M. (2022). Upaya Meningkatkan Belajar Matematika Melalui E-LKPD Interaktif Muatan Matematika Materi Simetri Lipat dan Simetri Putar. Mimbar PGSD Undiksha, 10(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.46561

Wahyuni, S., & Etfita, F. (2020). Android Application Development as Teaching Material. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 9(1), 53–65. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v


Refbacks

  • There are currently no refbacks.