Apakah Penggunaan LKPD pada Materi Lingkaran Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA 3 SMAN 1 Sewon?

Rasyida Faiz Anggina Sari, Aan Hendroanto

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan LKPD pada materi lingkaran. Dalam penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 33 siswa kelas XI MIPA 3 di SMAN 1 Sewon. Penelitian ini menggunakan metode research and development dengan model ADDIE, yang melalui tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah hasil kelayakan LKPD dari guru pamong dengan kategori baik dan hasil tes pretest dan posttest dengan kategori sangat baik.  Maka dapat disimpulkan bahwa LKPD dinyatakan layak dan efektif sehingga LKPD kelas XI materi lingkaran ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran peserta didik.

Keywords


LKPD, materi lingkaran, metode pembelajaran kooperatif

Full Text:

PDF

References


Hendriana, H. (2013). Membangun kepercayaan diri siswa melalui pembelajaran matematika humanis. Bandung: Seminar STKIP Siliwangi Tidak Dipublikasikan.

Kemendikbud. (2018). Permendikbud Nomor 21 Tahun 2018 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Norsanty, U. O., & Chairani, Z. (2016). Lingkaran berbasis pembelajaran guided discovery untuk siswa smp kelas VIII. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 19–20.

Supriatna, Apit. 2017. Etnomatematika: Pembelajaran Matematika Berdasarkan Tahapan Kegiatan Bercocok Tanam. Seminar Nasional Pendidikan 2017. ISBN.978-602-50088-0-1

Trianto. (2010). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif konsep, landasan,implementasinya pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta:Kencana Pranada Media Group.

Widoyoko, S. E. P. (2009). Evaluasi program pembelajaran panduan praktis bagi pendidik dan calon pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.