Peningkatan Kemampuan Membaca dan Menulis Melalui Media Kartu Kata pada Siswa Kelas I SD Muhammadiyah Sunten

Indah Pratiwi, Indah Fatmasari, Fitri Indriani

Abstract


Permasalahan utama di penelitian ini yaitu kemampuan membaca dan menulis siswa kelas I SD Muhammadiyah Sunten masih rendah. Tujuan adanya penelitian ini yaitu untuk meningkatkan tingkat kemampuan membaca dan menulis melalui penggunaan media kartu kata. Metode penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian yaitu 6 orang siswa, yang dilakukan pada 2 siklus. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh pada siklus 1 dalam meningkatkan kemampuan membaca awal siswa menjadi menghasilkan rata-rata dari 69,45. Prestasi akademik siswa pada siklus II dengan meningkatkan aktivitas membaca dan menulis siswa menggunakan kartu kata dengan memperoleh rata-rata 79,18 dan mencapai batas statistik keberhasilan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan kemampuan membaca dan menulis siswa kelas I SD Muhammadiyah Sunten dapat ditingkatkan melalui media kartu kata.

Full Text:

PDF

References


Gading, K dkk. (2019). Pengaruh Metode Suku Kata Dengan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. Jurnal Mimbar Ilmu, Vol.24 No 3. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/21417/13365

Rumidjan, Sumanto, & Badawi, A. (2017). Pengembangan Media Kartu Kata Untuk Melatih Keterampilan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, hlm 62-68. http://journal2.um.ac.id/index.php/sd/article/view/1331/697

Harpiani. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Melalui Media Kartu Huruf. Volume 27 Nomor 2. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kendari. https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/shautut-tarbiyah/article/download/3209/1597

Firdaus, P. H. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Kartu Huruf. JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal), Volume 2 Nomor 1. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/japra/article/view/5313/3073

Sumiyati. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan dengan Media Kartu Kata Bergambar pada Siswa Kelas 1 SD N Kategan Pundong Bantul. JURNAL IDEGURU. Volume 4 Nomor 2. https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/download/101/118/

Salawati, J. B., & Suoth, L. (2020). Pengaruh Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. International Journal of Elementary Education. Volume 4 Nomor 1. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/view/24383

Rafika, I., Aziz, Y., & Ahmad, A. (2016). Penggunaan Media Kartu Huruf Hijaiyah Untuk Melejitkan Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini Pada TK Islam Terpadu Suloh Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 1 Nomor 3. http://www.jim.unsyiah.ac.id/paud/article/view/387

Padmi, I. G. A., Dantes, N., & Sutama, M. P. P. I. M. (2014). Efektivitas Implementasi Metode Bermain Berbantuan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Gambar Dan Sosial Emosional Anak. Doctoral dissertation, Ganesha University of Education. Volume 4. https://www.neliti.com/publications/123219/efektivitas-implementasi-metode-bermain-berbantuanmedia-kartu-huruf-untuk-menin

Lestari, A. W., & Indihadi, D. (2019). Penggunaan media kartu huruf dalam peningkatan pemahaman penggunaan huruf kapital dalam menulis teks deskripsi. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Volume 6 Nomor 1. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/12671

Laely, K. (2013). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penerapan Media Kartu Gambar. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Volume 7 Nomor 2.

Saonah, Siti. (2018). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN DENGAN MEDIA GAMBAR DI KELAS I SD NEGERI 222 PASIR POGOR. Jurnal Elementaria Edukasia. Volume 1 Nomor 1. https://jurnal.unma.ac.id/index.php/jee/article/download/812/761

Pasciana. dkk. (2021). PENINGKATAN KUALITAS MEMBACA DAN MENULIS SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI STUDY CLUB. Bantenese Jurnal Pengabdian Masyarakat. Volume 3 Nomor 2. https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/PS2PM/article/view/4078

Asmonah, S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Model Direct Instruction Berbantuan Media Kartu Kata Bergambar. Jurnal Pendidikan Anak. Volume 8 Nomor 1. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/26682

Amini, N dkk. (2020). Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 09 Nomor 2. http://proceedings.upi.edu/index.php/semnaspgpaudpwk/article/download/1754/1712

Siregar R.A. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Menggunakan Media Kartu Kata di TK Negeri Pembina I Kota Jambi Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Literasiologi. Volume 2 Nomor 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.