Pembiasaan Aktivitas Salat Duha terhadap Pendidikan Karakter di SMK Muhammadiyah Mlati

Yusril Noor Hadiansyah, Farida Maulana Dewi, Denik Wirawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembiasaan aktivitas salat duha terhadap pendidikan karakter di SMK Muhammadiyah Mlati. Metode penelitian yag digunakan ialah metode kualitatif deskriptif. Metode pengambilan data dalam penelitian ini berupa data kualitatif dari hasil observasi dan pemerolehan data diperkuat dengan metode wawancara yang akan dilakukan kepada beberapa siswa. Hasil penelitian ini adalah menunjukkan bahwa pembiasaan aktivitas salat duha terhadap pendidikan karakter siswa SMK Muhammadiyah Mlati membawa dampak positif terhadap pendidikan karakter siswa dalam beberapa hal di antaranya kesadaran akan keberagaman terutama dalam melaksanakan kewajiban, perubahan akhlak dan tingkat kedisiplinan.

Keywords


Pembiasaan, Salat Duha, Pendidikan Karakter

Full Text:

PDF

References


Arifin, B. S. (2018). Manajemen pendidikan assakinah (p. 2018).

Citra Nurul Amalia, Priatna, O. S., & Yono. (2021). Pengaruh Pembiasaan Shalat Dhuha Terhadap Karakter Siswa-Siswi Man 1 Kabupaten Bogor. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 5(1), 165–172.

Manasikana, A., & Anggraeni, C. W. (2018). Pendidikan karakter dan mutu pendidikan indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2018, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 102–110. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/10206/Makalah 13 Arina Manasikana.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rohmadi, Muhammad dan Yakub Nasucha. (2015). Dasar-Dasar Penelitian. Surakarta: Pustaka Brilliant.

Saryadi, S., Putri, S. N. A., Puspitasari, H., & Setyaningsih, E. (2020). Pembiasaan Sholat Dhuha Berjama’Ah Terhadap Pendidikan Karakter Siswa Di Smp Muhammadiyah 4 Sambi. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 2(2), 120–125. https://doi.org/10.23917/blbs.v2i2.12839

Pendidik. Islam Indones., vol. 4, no. 1, pp. 1–14, 2019, doi: 10.35316/jpii.v4i1.175

Yudabangsa, A. (2020). Pengembangan Kesadaran Keberagamaan dan Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha’. Attractive : Innovative Education Journal, 2(1), 117. https://doi.org/10.51278/aj.v2i1.30


Refbacks

  • There are currently no refbacks.