Metode Permainan "Ular Tangga Matematika" Pada Materi Aljabar
Abstract
Matematika mempunyai banyak sekali macam cabang ilmu,
salah satunya berkaitan dengan aljabar. Penulisan ini bertujuan untuk
membuat modifikasi antara media pembelajaran metode permainan “Ular
Tangga Matematika” pada materi aljabar. Ilmu aljabar membawa kita
dalam memahami suatu permasalahan yang lebih kompleks sehingga
peserta didik masih banyak yang mengalami kepelikan dalam memahami
simbol-simbol, operasi hitungan, serta aturan dalam ilmu aljabar. Untuk
mengatasi permasalahan tersebut maka solusinya dapat berupa
penggunaan metode perminan “Ular Tangga Matematika”. Bentuk
tampilan dari permainan ini yang menguatkan penguasaan dserta
pemahaman dari berbagai konsep, prinsip, serta prosedur matematika.
Media pembelajaran ini pun bersifat menyenangkan mampu menciptakan
proses pembelajaran interaktif yang aktif dan menarik sehingga dapat
memberikan kesan baik untuk diingat dalam waktu yang relatif lama.
Melalui kajian teori berikut yang telah penulis jabarkan, dapat
disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran dengan metode
permainan “Ular Tangga Matematika” dapat diterapkan pada materi ilmu
aljabar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, A. H., Abidin, N. L. Z., & Ali, M. (2015). Analysis of Students’ Errors in Solving Higher Order
Thinking Skills (HOTS) Problems for Topic of Fraction. Asian Social Science, 11(21), 133–142.
https://doi.org/10.5539/ass.v11n21p133
Afifah, N. & Hartatik, S. (2019). Pengaruh Media Permainan Ular Tangga terhadap Motivasi Belajar pada
Pelajaran Matematika Kelas II SD Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics
Education, Science and Technology, 4(2), 209-216 http://dx.doi.org/10.30651/must.v4i2.3035
Aziz, L. A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Materi Operasi Hitung Pecahan
Kelas V SDN 24 Cakranegara. Media Pendidikan Matematika: J-MPM, 6(2), 96–103,
https://doi.org/10.33394/mpm.v6i2.1689
Baiquni, I. (2016). Penggunaan Media Ular Tangga terhadap Hasil Belajar Matematika. JKPM: Jurnal Kajian
Pendidikan Matematika, 1(2), 193–203. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v1i2.1187
Dahar, R. W. (2011). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga
Dewi, N. W. D. P. (2018). Permainan Matematika Sederhana sebagai Alternatif Pembelajaran yang
Menyenangkan (Sebuah Kajian Pustaka). Suluh Pendidikan: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan, 16(1), 1-8.
Faruq, D. J. (2019). Pengaruh Penggunaan Metode Permainan Kartu Bilangan terhadap Motivasi dan Hasil
Belajar Siswa Materi Pecahan. Jurnal Auladuna, 1(2), 83-93. https://doi.org/10.36835/au.v1i2.234
Irawan, A. & Wardani, M. A. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan
Permainan Ular Tangga pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama. JINOTEP: Jurnal Inovasi dan
Teknologi Pembelajaran, 2(2), 342–348. http://dx.doi.org/10.17977/um031v2i22016p342
Kasna, I. M. F. P., Sudhita, I. W. R., & Rati, N. W. (2015). Penerapan Model Pembelajaran CRH (Course Review
Horay) dengan Bantuan Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata
Pelajaran Matematika Kelas II SD. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1).
http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.6259
Lestari, D., Munawaroh, M., & Handoko, H. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Bamboo Dancing
Berbantuan Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal
Integral, 10(1), 27-39. https://doi.org/10.32534/jnr.v10i1.638
Marzalena, Vitoria, L., & Yamin, M. (2019). Pengaruh Permainan Puzzle Pecahan terhadap Hasil Belajar
Matematika pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Campuran di Kelas V SDN 1 Banda
Aceh. PGSD: Pendidikan Guru Sekolah dasar, 4(1), diakses pada tanggal 12 Maret 2021, dari
http://www.jim.unsyiah.ac.id/pgsd/article/view/13311
Masrukah, Nahrowi, M., & Anis, M. B. (2020). Efektivitas Media Permainan Ular Tangga Bermotif Bangun
Datar pada Pembelajaran Matematika. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(1), 10–17.
https://doi.org/10.24176/jino.v3i1.4526.
Nasution, M. (2018). Konsep Pembelajaran Matematika dalam Mencapai Hasil Belajar Menurut Teori Gagne.
Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 6(2), 112–126.
https://doi.org/10.24952/logaritma.v6i02.1280
Nisa, T. F. & Suryani, I. W. (2015). Meningkatkan Keaktifan Berbicara dan Kemampuan Matematika Anak
melalui Media Ular Tangga. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak
Usia Dini, 2(1), 56-64. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v2i1.1820
Nopiani, N. M. E., Meter, I. G., & Wiarta, I. W. (2013). Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Permainan
Ular Tangga Berpengaruh terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Gugus VIII Sukawati.
Mimbar PGSD Undiksha, 1(1). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1239
Refbacks
- There are currently no refbacks.