Metode Permainan "Ular Tangga Matematika" Pada Materi Aljabar

Kirana Gemilang Salsabila

Abstract


Matematika mempunyai banyak sekali macam cabang ilmu,
salah satunya berkaitan dengan aljabar. Penulisan ini bertujuan untuk
membuat modifikasi antara media pembelajaran metode permainan “Ular
Tangga Matematika” pada materi aljabar. Ilmu aljabar membawa kita
dalam memahami suatu permasalahan yang lebih kompleks sehingga
peserta didik masih banyak yang mengalami kepelikan dalam memahami
simbol-simbol, operasi hitungan, serta aturan dalam ilmu aljabar. Untuk
mengatasi permasalahan tersebut maka solusinya dapat berupa
penggunaan metode perminan “Ular Tangga Matematika”. Bentuk
tampilan dari permainan ini yang menguatkan penguasaan dserta
pemahaman dari berbagai konsep, prinsip, serta prosedur matematika.
Media pembelajaran ini pun bersifat menyenangkan mampu menciptakan
proses pembelajaran interaktif yang aktif dan menarik sehingga dapat
memberikan kesan baik untuk diingat dalam waktu yang relatif lama.
Melalui kajian teori berikut yang telah penulis jabarkan, dapat
disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran dengan metode
permainan “Ular Tangga Matematika” dapat diterapkan pada materi ilmu
aljabar.


Keywords


Metode Permainan, Ular Tangga, Matematika, Aljabar

Full Text:

PDF

References


Abdullah, A. H., Abidin, N. L. Z., & Ali, M. (2015). Analysis of Students’ Errors in Solving Higher Order

Thinking Skills (HOTS) Problems for Topic of Fraction. Asian Social Science, 11(21), 133–142.

https://doi.org/10.5539/ass.v11n21p133

Afifah, N. & Hartatik, S. (2019). Pengaruh Media Permainan Ular Tangga terhadap Motivasi Belajar pada

Pelajaran Matematika Kelas II SD Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics

Education, Science and Technology, 4(2), 209-216 http://dx.doi.org/10.30651/must.v4i2.3035

Aziz, L. A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Materi Operasi Hitung Pecahan

Kelas V SDN 24 Cakranegara. Media Pendidikan Matematika: J-MPM, 6(2), 96–103,

https://doi.org/10.33394/mpm.v6i2.1689

Baiquni, I. (2016). Penggunaan Media Ular Tangga terhadap Hasil Belajar Matematika. JKPM: Jurnal Kajian

Pendidikan Matematika, 1(2), 193–203. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v1i2.1187

Dahar, R. W. (2011). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga

Dewi, N. W. D. P. (2018). Permainan Matematika Sederhana sebagai Alternatif Pembelajaran yang

Menyenangkan (Sebuah Kajian Pustaka). Suluh Pendidikan: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan, 16(1), 1-8.

Faruq, D. J. (2019). Pengaruh Penggunaan Metode Permainan Kartu Bilangan terhadap Motivasi dan Hasil

Belajar Siswa Materi Pecahan. Jurnal Auladuna, 1(2), 83-93. https://doi.org/10.36835/au.v1i2.234

Irawan, A. & Wardani, M. A. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan

Permainan Ular Tangga pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama. JINOTEP: Jurnal Inovasi dan

Teknologi Pembelajaran, 2(2), 342–348. http://dx.doi.org/10.17977/um031v2i22016p342

Kasna, I. M. F. P., Sudhita, I. W. R., & Rati, N. W. (2015). Penerapan Model Pembelajaran CRH (Course Review

Horay) dengan Bantuan Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata

Pelajaran Matematika Kelas II SD. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1).

http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.6259

Lestari, D., Munawaroh, M., & Handoko, H. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Bamboo Dancing

Berbantuan Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal

Integral, 10(1), 27-39. https://doi.org/10.32534/jnr.v10i1.638

Marzalena, Vitoria, L., & Yamin, M. (2019). Pengaruh Permainan Puzzle Pecahan terhadap Hasil Belajar

Matematika pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Campuran di Kelas V SDN 1 Banda

Aceh. PGSD: Pendidikan Guru Sekolah dasar, 4(1), diakses pada tanggal 12 Maret 2021, dari

http://www.jim.unsyiah.ac.id/pgsd/article/view/13311

Masrukah, Nahrowi, M., & Anis, M. B. (2020). Efektivitas Media Permainan Ular Tangga Bermotif Bangun

Datar pada Pembelajaran Matematika. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(1), 10–17.

https://doi.org/10.24176/jino.v3i1.4526.

Nasution, M. (2018). Konsep Pembelajaran Matematika dalam Mencapai Hasil Belajar Menurut Teori Gagne.

Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 6(2), 112–126.

https://doi.org/10.24952/logaritma.v6i02.1280

Nisa, T. F. & Suryani, I. W. (2015). Meningkatkan Keaktifan Berbicara dan Kemampuan Matematika Anak

melalui Media Ular Tangga. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak

Usia Dini, 2(1), 56-64. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v2i1.1820

Nopiani, N. M. E., Meter, I. G., & Wiarta, I. W. (2013). Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Permainan

Ular Tangga Berpengaruh terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Gugus VIII Sukawati.

Mimbar PGSD Undiksha, 1(1). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1239


Refbacks

  • There are currently no refbacks.