Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Program Linear kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Sewon

Methania Zahratul Qalby Budimannaddien, Fariz Setyawan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana LKPD berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA 3 SMA N 1 Sewon. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik eksperimen. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas XI MIPA 3 SMA N 1 Sewon yang berjumlah 36 orang, dengan sampel penelitian sebanyak 11 orang. Metode Simple Random Sampling digunakan untuk pengambilan sampel. Uji normalitas dan uji hipotesis digunakan dalam analisis data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa >  (19.730 > 2.228), dengan besarnya taraf siginifkansi 0.05 yakni (0.000 < 0.005) maka hipotesis diterima dan  ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa belajar dengan Lembar Kerja Siswa (LKPD) di kelas IX MIPA 3 SMA N 1 Sewon terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar matematika wajib siswa.

Keywords


LKPD; Hasil Belajar; Matematika

Full Text:

PDF

References


Anggraini, R., Wahyuni, S., & Lesmono, A. D. (2016). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KETERAMPILAN PROSES DI SMAN 4 JEMBER. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4), 351. Retrieved from https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3089

Annafi, N., Ashadi, & Mulyani, S. (2015). PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA TERMOKIMIA KELAS XI SMA/MA. Jurnal Inkuiri, 4(3), 21-28. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v4i3.9554

Ariani, D., & Meutiawati, I. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis discovery learning pada materi kalor di SMP. Jurnal Phi: Jurnal Pendidikan Fisika dan Fisika Terapan, 1(3), 13-19. http://dx.doi.org/10.22373/p-jpft.v1i1.6477

Daryanto, & Dwicahyo, A. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Yogyakarta: Gaya Media.

Dewi, P. S., & Septa, H. W. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa Dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. Mathema Journal, 1(1), 31-39. Retrieved from https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/view/352

Khoiroh, M. (2017). PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS STAD PADA MATA PELAJARAN KORESPONDENSI DI SMK NEGERI 1 BANGKALAN. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, Universitas Negeri Surabaya, 7(4), 46-50. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/JPAPUNESA/article/view/30680

Mahmudi, A. (2016). Memberdayakan Pembelajaran Matematika Untuk Mengembangkan Kompetensi Masa Depan. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY, 1-6.

Manullang, S., S, A. K., Hutapea, T. A., Sinaga, L. P., Sinaga, B., S, M. M., & Sinambela, P. (2017). Buku Siswa Matematika Wajib untuk SMA/MA/SMK/MAK kelas XI. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Putri, E. W., & Ranu, M. E. (2019). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik ( Lkpd ) Berbasis Scientific Approach Pada Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian Semester Genap Kelas XI di SMK Negeri 2 Tuban. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, Universitas Negeri Surabaya, 7(2), 73-80. Retrieved from https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3089

Setyawan, F., Kristianto, Y., & Ishartono, N. (2018). Preparing In-Service Teacher Using Dynamic Geometry Software. International Journal of Engineering & Technology, 7(4.30), 367-370. http://dx.doi.org/10.14419/ijet.v7i4.30.22317


Refbacks

  • There are currently no refbacks.