PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PBL DENGAN PEMBELAJARAN EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

karina azzahrah, Fariz Setyawan, Lestari Lestari

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan dari hasil belajar matematika peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning dengan peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran ekspositori. Quasi eksperimen adalah jenis penelitian yang digunakan penelitian ini dengan bantuan Mann Whiteney-test. Pada pelaksanaan pembelajarannya model pembelajaran PBL diterapkan pada kelas eksperimen sedangkan model pembelajaran ekspositori diterapkan pada kelas kontrol. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebagian peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah Piyungan. Dalam pengambilan sampel dua kelas digunakan kelas VIIB dan VIIC. Teknik analisis varian (Anava) dua jalur digunakan dalam penelitian ini dengan taraf signifikan (α) 0,05. Maka diperoleh nilai signifikannya yaitu 0.012 < 0.05, sehingga h0 ditolak dan h1 diterima. Pada penelitian ini diperoleh bahwa peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran PBL dan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran ekspositori berbeda secara dignifikan.

Keywords


Problem Based Learning, Ekspositori, Hasil Belajar Matematika

Full Text:

PDF

References


Sastria, A., & Muhammad, A. 2018. Perbandingan Metode Pembelajaran Active Learning Dengan

Metode Pembelajaran Ceramah Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Keperawatan. Jurnal

Ilmiah Kesehatan Pencerah. Vol.7, No.2. Desember 2018.

Prananingrum, Ratih. 2020. Perbandingan Keefektivan Pembelajaran Pendekatan Metode Student Center

Learning Tipe Cooperative Learning Dengan Metode Ceramah Terhadap Hasil Belajar

Mahasiswa DIV Keperawatan Anestesiologi ITS PKU Muhammadiyah Surakarta. Jurnal Ilmiah

Keperawatan. Vol.7, No.2. Juli 2020.

Istikomah, Naning. 2017. Perbandingan Hasil Belajar yang Diberi Pembelajaran Dengan Model Problem

Based Learning dan Metode Pembelajaran Ekspositori Ditinjau Dari Keterampilan Berpikir Kritis

Pada Materi Program Linier. Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri. Januari 2017.

Gunawan, dkk. 2020. Perbandingan Prestasi Belajar Siswa Antara Metode Pembelajaran Inquiry Dengan

Metode Pembelajaran Ekspositori Pada Materi Pokok Segitiga Siswa SMP. Jurnal Pendidikan

Matematika. Vol.4, No.2. November 2020. hal. 63-73

Acep. 2018. Perbandingan Model Pembelajaran PBL Dan Ekspositori Terhadap Hasil Belajar PKN.

Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol.5, No.1. 1 Maret 2018. hal.71-82

Marbun, Y.M.R. 2020. Perbandingan Kemampuan Pemecah Masalah Matematis Siswa Menggunakan

Metode Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Matematics Paedagogic. Vol.IV, No.2.

Maret 2020. hal.181-190

Sirait.ED.2016.Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah

Pendidikan MIPA, Volume 6 (1), nomor 35–43

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif, Kencana, Jakarta, 2009.

Pupuh Faturrohman & Sobry M. S. (2010). Strategi Belajar Mengajar melalui Penanaman Konsep Umum

& Konsep Islami, Bandung: Refika Aditama.

Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada

Media: Jakarta.

Rima, dkk. 2019. Proses Berpikir Semu Dalam Memecahkan Masalah Logika. Jurnal Fisika : Seri

Konferensi, Vol. 1188. Hal.012090


Refbacks

  • There are currently no refbacks.