Identifikasi Hambatan Pelaksanaan Praktikum Fisika dan Alternatif Solusinya Di SMA Negeri 1 Pundong

Ristika Andini, Eko Nur Sulistiyo

Abstract


penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan dalam melaksanakan praktikum fisika dan memberikan alternatif solusinya. Metode yang digunakan adalah metode survei dan kajian literatur. Pada hasil survei pendapat siswa dan guru terdapat kendala dalam pelaksanaan praktikum fisika yaitu laboratorium yang kurang memadai, alat dan bahan praktikum yang kurang lengkap, alokasi waktu yang kurang cukup dan keberadaan laboran yang tidak diketahui oleh siswa. Alternatif solusinya yaitu dengan menggunakan laboratorium virtual.

Full Text:

PDF

References


Candra Irawan, M. (2017). Pengaruh Preliminary Test Praktikum dan Kemampuan Generik Sains terhadap Hasil Belajar Fisika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(1), 1–7. https://doi.org/10.30998/sap.v1i1.1001

Emda, A. (2017). Laboratorium Sebagai Sarana Pembelajaran Kimia Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Ketrampilan Kerja Ilmiah. Lantanida Journal, 5(1), 83. https://doi.org/10.22373/lj.v5i1.2061

Farida Istinganah, Y., Syam, M., & Zulkarnaen. (2021). Pemanfaatan Laboratorium Fisika dan Kontribusinya dalam Pembelajaran Fisika, Studi Kasus di SMA Negeri 1 Sendawar dan SMA Negeri 1 Liggang Bigung Kabupaten Kutai Barat. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 2(1), 23–33. https://doi.org/10.30872/jlpf.v2i1.406

Herliana, M. (2019). Kajian pengelolaan laboratorium fisika di smkn 3 maumere. Universitas Nusa Nipa Maumere, 7–12.

Li, N., & Ren, L. (2013). Manajemen Laboratorium dalam Pembelajaran Fisika di SMA Negeri 1 Kota Jambi Islamisi. Universitas Jambi, 2(April), 94–100.

Masruri, M. (2020). Identifikasi Hambatan Pelaksanaan Praktikum Biologi Dan Alternatif Solusinya Di Sma Negeri 1 Moga. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 11(2), 1–10. https://doi.org/10.25299/perspektif.2020.vol11(2).5259

Mirdayanti, R. (2017). KAJIAN PENGGUNAAN LABORATORIUM VIRTUAL BERBASIS SIMULASI SEBAGAI UPAYA MENGATASI KETIDAK-SEDIAAN LABORATORIUM. Visipena, 8.

Sarjono. (2018). PENTINGNYA LABORATORIUM FISIKA DI SMA/MA DALAM MENUNJANG PEMBELAJARAN FISIKA Sarjono 1. Jurnal Madaniyah, 8(3), 262–271.

Sudarisman, S. (2015). Memahami Hakikat Dan Karakteristik Pembelajaran Biologi Dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 Serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. Florea : Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 2(1), 29–35. https://doi.org/10.25273/florea.v2i1.403

Susanti, H. D., Arfamaini, R., Sylvia, M., Vianne, A., D, Y. H., D, H. L., Muslimah, M. muslimah, Saletti-cuesta, L., Abraham, C., Sheeran, P., Adiyoso, W., Wilopo, W., Brossard, D., Wood, W., Cialdini, R., Groves, R. M., Chan, D. K. C., Zhang, C. Q., Josefsson, K. W., … Aryanta, I. R. (2017). ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA PELAKSANAAN PRAKTIKUM FISIKA DASAR I TERHADAP MAHASISWA. Jurnal Keperawatan. Universitas Muhammadya Malang, 4(1), 724–732. https://pesquisa.bvsalud.org/portal/resource/en/mdl-20203177951%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41562-020-0887-9%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41562-020-0884-z%0Ahttps://doi.org/10.1080/13669877.2020.1758193%0Ahttp://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article

Yuyung, A., Sari, S. S., & Yani, A. (2020). Analisis Pemanfaatan Laboratorium Fisika di SMA Negeri 5 Makassar. Prosiding Seminar Nasional Fisika PPs UNM Volume, 2, 49–51.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.