Implementasi Lima Nilai Karkater Utama Melalui Budaya Sekolah Di SMP Muhammadiyah Boarding School Prambanan Yogyakarta

Refa Annisa Yudha, Wahyu Darma Putra, Syifa Siti Aulia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan karakter melalui budaya sekolah di SMP Muahammadiyah Boarding School Prambanan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Objek dari penelitian tersebut kegiatan-kegiatan dalam kultur sekolah yang mendorong pembentukan Pendidikan karakter di SMP MBS Prambanan dan nilai-nilai karakter yang dimaksudkan dalam implementasi Pendidikan karakter santri di SMP MBS Prambanan. Teknik dalam pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis model interaktif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implentasi Pendidikan karakter melalui budaya sekolah di SMP MBS Prambanan, menggunakan strategi kegiatan rutin, kegitan spontan, dan kegiatan terprogram. Nilai karakter yang terbentuk melalui dalam budaya sekolah antara lain: nilai religius, nilai nasionalis, nilai integritas, nilai mandiri dan nilai gotong royong yang bersumber pada Pancasila.


Full Text:

PDF

References


Dianprila Adela, W. H. (2022). Penguatan Karakter Siswa Melalui Penerapan Kultur Sekolah di SMAN 7 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7, No. 3b. Retrieved from https://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/download/753/480

Elmoehammadly. (2019, Desember 22). Retrieved from https://mbs.sch.id/2019/12/22/abas-11-merajut-sinergi-dan-membangun-keharmonisan-sosial-di-desa-ngandagan/

Melani, A. (2017). Implemntasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah Di SD Kotagede 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ke-Sd-an, 3 No 3. Retrieved from https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/trihayu/article/view/1877

Mustofa, D. (2021, Agustus 28). Implementasi Pendidikan karkater melalui Kultur Sekolah Di SD Sokowaten Baru Bantul Yogyakarta. Retrieved from https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/semnasmp/article/view/10952/4878

Nanik, U. P. (2013). Im 1 Gedangan Sidoarjoplemntasi Pendidikan Karakter Melalui Kultur Sekolah Pada Siswa Kelas XI Di SMA Negeri. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 01 No. 01. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/1473/1099

Novika, M. (2015). Implementasi Pendidikan Karkater Melalui Kultur Sekolah DI SMP N 14 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 05 No. 02. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/8621

Ratmini, F. A. (2021). Implemntasi Pendidikan Karakter Melalui Kultur Sekolah Di Sekolah Dasar., 1. Retrieved from https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/sensaseda/article/download/1573/797/

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Tong Jailani, S. A. (2020). Implementasi Pendidikan karakter Melalui Budaya Sekolah Di SD Muhammadiyah 24 Jakarta. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/23860/11455

Vera, E. F. (2019). Implemntasi Kultur Sekolah Dalam Membangun Karakter Religius Bagi Siswa SD Muhammadiyah Argosari. Seminar Nasional Pegelaran Dasar Nasional. Retrieved from http://seminar.uad.ac.id/index.php/ppdn/article/view/1411

Yogyakarta, M. (2022). Pendidikan Karakter Jati Diri Bangsa. In At Tanwir (pp. 4-6). Yogyakarta.

Yusollina, I. (2020). Implemntasi Pendidikan Karkater Melalui Kultur Sekolah Di SMAN 18 Surabaya. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 08 No. 02. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/34995/31120


Refbacks

  • There are currently no refbacks.