Penanaman Nilai Religius Santri Melalui Kegiatan Keagamaan di SMA Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta

Risha Amalia Puteri, Azusta Wira Adianto, Syifa Siti Aulia

Abstract


Penelitian yang dilakukan mempunyai tujuan untuk memberikan deskripsi tentang penanaman nilai religius santri dengan melalui kegiatan keagamaan di SMA Muhammadiyah Boarding School (MBS) Sleman Yogyakrta. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Penanaman merupakan proses menanamkan. Nilai-nilai agama ialah nilai yang sumbernya didasarkan pada agama yang dianut masing – masing individu untuk diimplementasikan setiap hari, pada dasarnya dengan tujuan  bahwa seseorang dan santri dalam kehidupannya tidak lepas dari pengalaman beragama, berakhlak mulia dan berkepribadian luhur serta memiliki kepribadian menurut ajaran agama. Kegiatan keagamaan adalah segala kegiatan, tindakan dan perkataan yang berdasarkan nilai-nilai agama dan norma agama yang berdasarkan ajaran agama serta segala bentuk perencanaan dan pengendalian yang menyangkut upaya untuk menanamkan dan bahkan menyebarkan nilai-nilai tersebut. pada tahap pelaksanaan ini dilaksanakan secara individu dan kelompok.

Full Text:

PDF

References


Jalaluddin, & Ramayulis. (1987). Pengantar Ilmu Jiwa Agama. Penerbit Kalam Mulia.

Siswanto, S., Nurmal, I., & Budin, S. (2021). Penanaman Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 1.

Chrisna Wati, Dian dan Dikdik Baehaqi Arif. (2017). Penanaman Nilai-nilai Religius di Sekolah Dasar untuk Penguatan Jiwa Profetik Siswa. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan, Yogyakarta : 11 November 2017, 60-63

Setyawanto, T. D. (2016). Manajemen Kurikulum di SMP Muhammadiyah Boarding School Prambanan Sleman Yogyakarta. Hanata Widya, 5(8), 37-48.

Umar, M. (2019). Urgensi Nilai-Nilai Religius Dalam Kehidupan Masyarakat Heterogen Di Indonesia. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan, 3(1), 71-77.

Bali, M. M. E. I., & Susilowati, S. (2019). Transinternalisasi Nilai-Nilai Kepesantrenan Melalui Konstruksi Budaya Religius Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(1), 1-16.

Ismail, M Jen. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Menjaga Kebersihan Di Sekolah


Refbacks

  • There are currently no refbacks.