Metode Eksperimen Sebagai Solusi Learning Loss Pada Pembelajaran Fisika Pasca Pandemi di SMA Negeri 1 Bantul

Silvia Laeli, Umi Shalihah Putri Purwati, Fajar Fitri

Abstract


Di masa pasca pandemi pembelajaran fisika dilakukan secara luring, namun peneliti menemukan permasalahan yang terjadi karena pembelajaran fisika di masa pandemi Covid-19 dilakukan secara  online sehingga peserta didik mengalami learning loss.  Metode pembelajaran eksperimen dengan pendekatan konstruktivisme digunakan oleh tenaga pendidik fisika SMA N 1 Bantul dapat dijadikan sebagai solusi learning loss pembelajaran fisika pasca pandemi. Dalam penelitian ini ditunjukan bentuk pembelajaran fisika di masa pasca pandemi, serta efektifitas penggunaan metode pembelajaran eksperimen dan pendekatan konstruktivisme sebagai solusi learning loss di masa pasca pandemi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kepustakaan. Untuk mengimplementasikan metode pembelajaran eksperimen dengan pendekatan konstruktivisme dibutuhkan sintak yang benar agar pembelajaran fisika dapat berjalan dengan efektif.

Keywords


Fisika; Metode Pembelajaran Eksperimen; Pendekatan Konstruktivisme; Learning Loss

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, R., Isnaini, N. F., Hasanah, U., & Faridah, N. R. (2021). Kesiapan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka pada Era New Normal di MI At-Tanwir Bojonegoro. Jurnal Basicedu, 5(5), 3814–3821. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1435

Assiddiqi, D. R., & Soeryanto. (2021). Peluang Menurunnya Capaian Hasil Belajar (Learning Loss) dan aAlternatif Solusinya: Kajian Kasus Pembelajaran Online di Era Pandemi covid-19 Jurusan Teknik Mesin UNESA. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 10(3), 47–45.

Gumay, O. P. U., & Bertiana, V. (2018). Pengaruh Metode Demonstrasi terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas X MA Almuhajirin Tugumulyo. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 1(2), 96–102. https://doi.org/10.31539/spej.v1i2.272

Haerani. (2019). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN TERHADAP PESERTA DIDIK. News.Ge, d, https://news.ge/anakliis-porti-aris-qveynis-momava.

Hapid, A. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Fisika Dalam Memahami Konsep Momentum Dan Impuls Melalui Pendekatan Konstruktivisme Siswa. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(2), 230–253. https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i2.970

Hapsari, A. S., Rohim, I. R. F., & Zahrah, Q. F. (2021). Meta Analisis Efektivitas Pembelajaran Fisika Secara Daring Menggunakan Virtual Laboratorium. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(3), 155–163. https://doi.org/10.47709/educendikia.v1i3.1190

Hasibuan, T. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Pendekatan Konstruktivis Pokok Bahasan Fluida Statis Pada Siswa Kelas XI MIA-3 SMA Negeri 3 Sibolga Tahun Pelajaran 2019-2020. 4(3).

Hidayat A, Sa’diyah M, & Lisnawati S. (2020). Metode Pembelajaran Aktif Dan Kreatif Pada Madrasah Diniyah Takmiliyah Di Kota Bogor. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 9(01), 73–74.

Indonesia, G. T. P. P. C.-19. (2020). Data COVID-19 Global dan Indonesia.

itsojt. (2021). Learning Loss Akibat Pembelajaran Jarak Jauh? ITS NEWS.

Lathifah, D. N. (2021). Implementasi Teori Pembelajaran Konstruktivisme pada Pembelajaran PAI di SDN 05 Tubanan-Kembang-Jepara. Jurnal Edukasi Nonformal, 2(2), 22–31.

Lee, A. (2020). Wuhan novel coronavirus (COVID-19): why global control is challenging? Public Health, January, 19-21.

Murlin, A., Tawil, M., & Samad, A. (2015). Penerapan Metode Pembelajaran Eksperimen dengan LKPD Terstruktur Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 Sukamaju. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2), 176–186.

Purwanto. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology, and Counselling, Volume 2 N.

Rhamdan, D., Kule, A., & Al Wahid, S. M. (2021). Analisis Pemanfaatan e-Learning di Masa Pandemi (Studi Kepustakaan: Learning Loss pada Peserta Didik). Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(2), 432–446. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i2.263

Rohsiah, M. (2019). Penerapan Pembelajaran Geometri dengan Pendekatan Konstruktivis Sebagai Upaya Peningkatan Penalaran Logis Siswa. SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(November), 81–91.

Safira, A. R., & Ifadah, A. S. (2021). The Readiness Of Limited Face To Face Learning In The New Normal Era. JCES (Journal of Character Education Society), 4(3), 643–651.

Samudra, G., Suastra, M., & Suma, M. (2014). Permasalahan-Permasalahan Yang Dihadapi Siswa SMA Di Kota Singaraja Dalam Mempelajari Fisika. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1).

Santyasa, P. A., & Rapi, N. K. (2017). 43 STRATEGI PEMBELAJARAN GURU FISIKA: RELEVANSINYA DALAM PENGEMBANGAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA P. A. Arimbawa, I W. Santyasa, N. K. Rapi. 11(1), 43–60.

Saputro, S. D., Sarwanto, & Suparmi. (2014). Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Konstruktivisme Melalui Metode Mind Map dan Diskusi Ditinjau dari Kemampuan Memori dan Verbal Siswa. Jurnal Pena Sains, 1(2), 64–75.

Sari, M., & Asmendri. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, Volume 6 N.

Sari, R. T. (2017). Efektifitas Modul Pembelajaran Biologi Melalui Pendekatan Konstruktivisme. Pakar Pendidikan, 15(1), 53–66.

Septiati, E. (2012). Keefektifan Pendekatan Konstruktivisme Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Analisis Real I. Pendidikan Matematika FMIPA Uny, 978–979. https://eprints.uny.ac.id/7568/

Subekti, Y., & Ariswan, A. (2016). Pembelajaran fisika dengan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 252. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.6278

Waluyati, I., Tasrif, & Arif. (2020). Penerapan New Normal dalam Masa Pandemi Covid 19 di Sekolah. EDU SOCIATA (Jurnal Pendidikan Sosiologi), 3(2), 50–61. http://jurnal.stkipbima.ac.id/index.php/ES/article/view/362

Widodo, A., & Umar, U. (2022). Apakah Learning Loss Berpengaruh Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa? Js (Jurnal Sekolah), 6(2), 1. https://doi.org/10.24114/js.v6i2.33371


Refbacks

  • There are currently no refbacks.