Menguatkan Nasionalisme melalui Upacara Bendera Pasca Pandemi Di SMP Muhammadiyah 1 Prambanan

Adella Puspa Setyawati, Lani Prasetiyani, Puspa Della, Dikdik Baehaqi Arif, M.Pd., Trisna Sukmayadi, S.Pd., M.Pd

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui cara penguatan nasionalisme melalui upacara bendera dengan pelaksanaan di SMP Muhammadiyah 1 Prambanan. mengguankan jenis penelitian kualitatif dengan melakukan observasi. Instrument penelitian yang digunakan adalah ceklis observasi, dan library research dengan mencari sumber informasi melalui jurnal. Namun upacara berndera terhenti akibat pandemi, oleh karena itu pasca pandemi dibiasakan kembali upacara bendera, karena guna terbentuknya jiwa cinta tanah air, akhlak mulia, bermoral, beretika, berbudaya, dan beradap sesuai Pancasila sehingga terbentuk bangsa yang berkarakter.

Full Text:

Remote PDF

References


Binti Saktya Oktaviana, S. R. (2021). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER NASIONALISME SISWA MELALUI PEMBELAJARAN IPS DSN BUDAYA SEKOLAH SMPN 2 PAKEL . INSPIRASI : Jurnal ilmu-ilmu sosial , 18(1), 437-451.

Debi Audina, D. A. (2021). Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air dan Kedisiplinan dalam Kegiatan Upacara Bendera di Sekolah Dasar DKI Jakarta . EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar , 5(1), 60-68.

FARIDATUL AMIROH, S. A. (2020). Tinjauan Terhadap Model-Model Pembelajaran Argumentasi Berbasis TAP Dalam Meningkatkan Keterampilan Argumentasi dan Pemahaman Konsep Fisika Dengan Metode Library Research. IPF : Inovasi Pendidikan Fisika, 09(02), 207-214.

Vita Fitriatul Ulya, A. K. (2021). PENGUATAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI BUDAYA SEKOLAH PADA ERA NEW NORMAL DI MI BAHRUL ULUM BINANGUN SINGGAHAN TUBAN. attadib: Journal of Elementary Education, 5(2), 204-212.

Noor, Tajuddin. (2018). RUMUSAN TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL PASAL 3 UNDANG-UNDANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL NO 20 TAHUN 2003. tinjauan melalui pendekatan nilai-nilai yang terkandung dalam semangat AYAT 30 SURAH AR RUM dan ayat 172 surah 'Araaf, 123-144.

Fikri Shidiq, A. d. (2018). PERAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MASA REMAJA SEBAGAI. Prosiding Penelitian & Pengabdian Masyarakat, 176 - 187.(online).( PERAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MASA REMAJA SEBAGAI PENCEGAHAN KENAKALAN REMAJA | Shidiq | Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (unpad.ac.id) )

Buku

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Undang-Undang

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003


Refbacks

  • There are currently no refbacks.