PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MINAT BELAJAR PAI SISWA KELAS X TEKSTIL DI SMK NEGERI 1 KALASAN

Fitriyani Sanuhung, Mutiara Nur Afifah, Pitriya Rahmawati, Hanif Cahyo Adi Kistoro

Abstract


Penelitian ini bertujuan yaitu untuk mengetahui apakah lingkungan sekolah mempengaruhi minat belajar PAI bagi siswa kelas X Tektil di SMK Negeri 1 Kalasan. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan sifat studi korelasi. Dan teknik pengumpulan datanya menggunakan survey dengan menggunakan media Google Forms. Peneliti menggunakan aplikasi SPSS untuk uji analisis data. Dari penelitian yang dilakukan memberikan hasil bahwa lingkungan sekolah memiliki pengaruh yang signifikan dan positif dengan nilai 59,3% dan memiliki hubungan yang kuat sebesar 0,770 terhadap minat belajar PAI siswa kelas X Tekstil di SMK Negeri 1 Kalasan.

Keywords


Lingkungan sekolah, Minat belajar, dan Pendidikan agama islam

Full Text:

PDF

References


Alfariji. (2019). Peran Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Belajar SISWA SD/MI. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 7(2), 113.

Andriana. (2018). Pengaruh Lingkungan Terhadap Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Di SMP Negeri 39 Kec. Sangkarrang Kota Makassar. In Skripsi S1 Universitas Muhammadiyah Makassar (Issue 2).

Ardiyansyah, H., Hermuttaqien, B. P. F., & Wadu, L. B. (2019). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Moral Siswa Menengah Pertama. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 4(1), 2.

Darmawan, S. (2018). Pengaruh Lingkungan Sekolah, Peran Guru dan Minat Belajar Siswa Terhadap Motivasi Belajar Penjas SD Inpres Buttatianang I Makassar. Jurnal Muara Pendidikan, 3(2), 106–107.

Dewi, S. U. (2019). Pengaruh Lingkungan teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Santri MDT At-Takwa KP. Ranca Ayu Desa Maroko Kabupaten Garut. Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 13–14.

Hanifah, R. (2021). Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Lingkungan Pondok Pesantren An-Najiyyah terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VII dan VIII MTS An-Najiyyah Lengkong Tahun Pelajaran 2020/2021. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Huda, A. S. (2022). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 7 dalam Pelajaran PAI di SMPN 2 Godean, Sleman, Yogyakarta. Universitas Islam Indonesia.

Muslih, M. (2016). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas 6 SDN Limbangan. Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(4), 43–44.

Nurhayati, & Dewi, S. (2017). Pengaruh Lingkungan Fisik Sekolah Terhadap Minat Belajar Siswa MTS NW Pringgabaya Lombok Timur. Jurnal Geodika, 1(2), 41–48.

Rahimi. (2019). Pembelajaran Multikulturalisme Dalam Pendidikan Islam. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 11(2), 98–109.

Rais, A., Handayani, A. B., & Suyadi. (2019). Pengembangan Kecerdasan Spiritual Dalam Pendidikan Islam Dengan Pendidikan Islam Dengan Pendekatan Neurosains. Muaddib: Studi Kependidikan Dan Keislaman, 09(02), 131–153.

Rouf, A. (2015). Potret Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Umum. Jurnal Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Ampel, 03(No. 1 (2015)), 187–206. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.15642/jpai.2015.3.1.187-206

Roza, N. (2015). Pengaruh Lingkungan Pendidikan Terhadap Minat Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTsN Wonokromo, Bantul, Yogyakarta tahun Ajaran 2014/2015. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Samrin. (2015). Pendidikan Agama Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional Di Indonesia. Jurnal Al-Ta’dib, 8(1), 101–116. https://doi.org/10.1145/3132847.3132886

Setiawan, C. K., & Yosepha, S. Y. (2020). Pengaruh Green Marketing dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk The Body Shop Indonesia. Jurnal Ilmiah M-Progress, 10(1), 5.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian. Alfa Beta.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif (Setiyawami (ed.); Cetakan ke). Alfabeta.

Syihabuddin, M. A. (2011). Budaya Organisasi Lembaga Pendidikan Dalam Perspektif Islam. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 11(2), 110–119.

Wati, A. K., & Muhsin. (2019). Pengaruh Minat Belajar, Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga, dan Lingkungan Sekolah Terhadap Kesulitan Belajar. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 803.

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Masa Covid 19. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Research & Learning in Education, 2(3), 236.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.