Analisis Kesalahan Siswa Kelas XII SMA N 1 Bantul dalam Menyelesaikan Soal Turunan Fungsi Trigonometri

Istifaroh Istifaroh, Prof Dr, Suparman, M.Si., DEA Prof Dr, Suparman, M.Si., DEA

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal turunan fungsi trigonometri. Penelitian ini dilakukan di SMA N 1 Bantul pada program pengenalan lapangan persekolahan II yang dilaksanakan selama satu bulan dengan subjek penelitian sebanyak 33 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian didaptkan siswa melakukan kesalahan konsep sebanyak 3.03%, dan kesalahan perhitungan sebesar 20.3%. factor penyebab siswa mengalami kesalahan yaitu kurangnya pemahaman konsep siswa dalam turunan fungsi trigonometri sederhana maupun turunan komposisi dengan aturan rantai, kekeliruan dalam operasi bilangan sederhana seperti perkalian fungsi, penggunaan tanda kurung, serta operasi yang menyertakan tanda negative

Full Text:

PDF

References


Apriliyanto, B. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Pemecahan Masalah Turunan Fungsi Aljabar Students’ Error Analysis in Problem Solving of Algebraic Derivative Function. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(2), 117–125. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/

Cahyono, H. (2019). FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA MIN JANTI. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 1–4. https://doi.org/10.24269/DPP.V7I1.1636

Eliyanti, M. (2016). Pedagogi Jurnal Penelitian Pendidikan Volume 03 No 02 November 2016. Pedagogi Jurnal Penelitian Pendidikan, 03(02), 25–29.

Ernawati. (2019). Profil Kesulitan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Induksi Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar. Ejournal.Unkhair.Ac.Id, 8(2). http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/deltapi/article/view/1374

Fahmi Arifin, M. (2020). KESULITAN BELAJAR SISWA DAN PENANGANANNYA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD/MI. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 989–1000. https://doi.org/10.47492/JIP.V1I5.181

Hardianty, M., Septian, D. A., Raya, J. P., & Cianjur, B. (2020). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa SMA terhadap Implementasi Kurikulum 2013. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 8.

Hidayah, S. (2016). Tahun 2016-ISSN 2528-259X 182 | Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. 1.

Jana, P. (2018). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Pokok Bahasan Vektor. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 8–14. https://doi.org/10.26486/JM.V2I2.398

Jusniani, N. (2018). Analisis kesalahan jawaban siswa pada kemampuan pemahaman matematis melalui pembelajaran kontekstual. Jurnal.Unsur.Ac.Id, 7(1). https://jurnal.unsur.ac.id/prisma/article/view/361

Manullang, M. (2014). Manajemen Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 21(2), 208–214. http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelajaran/article/view/7532/3445

Nurazizah, S., Damayanti, R., Janan, T., Sitaresmi, P. D. W., & Nuryami, N. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Relasi Dan Fungsi. AL JABAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(2), 85–95. https://doi.org/10.46773/.v1i2.435

Nursalam. (2016). Diagnostik kesulitan belajar matematika: Studi pada siswa SD/MI di Kota Makassar. Journal3.Uin-Alauddin.Ac.Id, 19(1), 1–15. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/lentera_pendidikan/article/view/2065

Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. (n.d.). Retrieved September 23, 2022, from https://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=Permendiknas+No.+22+Tahun+2006+Tentang+Standar+Isi&btnG=

Rahman, U., Nursalam, & Ridwan Tahir, M. (2015). Pengaruh kecemasan dan kesulitan belajar matematika terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas X MA Negeri 1 Watampone Kabupaten Bone. Journal3.Uin-Alauddin.Ac.Id, 3(1), 85–102. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/Mapan/article/view/2752

Rahmawati, S., Analisis, F. :, Dalam, K., Soal, M., Matematika, C., Newman│halaman, B., & Fitriatien, S. R. (n.d.). ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN NEWMAN. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1).

Rofi’ah, N., Ansori, H., & Mawaddah, S. (2019). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN LANGKAH PENYELESAIAN POLYA. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 120. https://doi.org/10.20527/EDUMAT.V7I2.7379


Refbacks

  • There are currently no refbacks.