Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas XII SMA

Nugraisyah Ika Mayori, Agus Kurniawan

Abstract


Dalam ruang lingkup SMA, Bahasa inggri adalah pembelajaran yang cukup penting dan berpengaruh dalam aspek penilaian kelulusan terutama untuk siswa kelas XII. Model discovery learning adalah model yang disarankan dalam jurnal ini dikarenakan dapat menjadikan siswa aktif dalam belajar karena mereka dituntut untuk mengembangkan materi yang diberikan oleh guru. Pada penelitian ini adapun pendekatan yang diberikan oleh penelitian ialah pendekatan kualitatif melalui analisis deskriptif dengan teknik pengumpulan pengkajian literatur dengan pembahasan yang memiliki relevansi yang sama. Dalam hal ini juga peneliti melakukan pengolahan data melalui data sekunder untuk membuat persentasi melalui grafik. Pada kesimpulan ini dapat dikaji melalui hasil olahan data pada penelitian terdahulu sebagai data sekunder bahwsanya model discovery learning dalam kurikulum 2013 memiliki pengaruh dalam perbaikan kualitas dalam pembelajaran Bahasa inggris. Model ini dinilai baik karena akan membuat siswa lebih aktif dan memiliki rasa ingin tahu untuk mengembangkan materi yang didapat dari penjelasan guru yang diberikan diawal pembelajaran.


Keywords


Model discovery learning, Bahasa inggris, aktif

Full Text:

PDF

References


Farhana Muhammad, H. H. (2018). Penerapan Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 1 MA Muallimin NW Pancor 2018/2019. JPEK: Jurnal Pendidikan dan Ekonomi Kewirausahaan, 2(2).

Harni, T. M. (2020). Penerapan Pendekatan Discovery Learning Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar (Studi Literatur). JBES:Journal of Basic Education Studies, 3(1).

Maharini, G. d. (2020). Deskripsi model pembelajaran discovery kurikulum 2013 dalam materi menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 4 Lebong. Jurnal Ilmiah Korpus, 4(3).

Salmi. (2019). Penerapan model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi peserta didik kelas XII IPS.2 SMA negeri 13 palembang. Jurnal profit volume, 6(1).

Setyawan, A. (2019). Efektifitas metode dicovery learning dalam meningkatkan hasil belajar bahasa inggris siswa (Eksperimen di Kelas X SMAIT Asy-Syukriyyah Tangerang). Jurnal Asy- Syukriyyah, 20(2).

Sinaga, T. A. (2021). Penerapan metode discovery learning untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran bahasa inggris kelas X.IIS.2 SMA Negeri 3 Muaro Jambi Tahun Pelajaran 2018/2019. LANGUAGE: Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(1).

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.

Yuliana, N. (2018). Penggunaan model pembelajaran discovery learning dalam peningkatan hasil belajar siswa di Sekolah Dasar. JIPP:Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.