Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa Melalui Penanaman Budaya Religius Di Smp Negeri 3 Bantul

desi nugrahane, hanif cahyo

Abstract


Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru agama dalam membentuk karakter siswa melalui penanaman budaya religius di SMP Negeri 3 Bantul, kendala yang dihadapi guru agama dalam membentuk karakter siswa melalui penanaman budaya religius di SMP Negeri 3 Bantul. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif analisis dengan menggunakan pendekatan fenomenologi, pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model anlisis interaktif dengan tahap-tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data, pengumpulan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwaa tujuan dari penelitian ini yaitu agar terbentuk karakter religius dari siswa dan terbias dalam melakukan pembiasaan shalat dhuha berjamaah, sholat dzuhur berjamaah dan melakukan tadarus bersama setiap pagi sebelum pembelajaran dimulai dan agar termotivasi untuk selalu melaksanakan dimanapun mereka berada.


Full Text:

PDF

References


Aladdin, H. M. F. (2019). Peran Materi Pendidikan Agama Islam di Sekolah dalam Membentuk Karakter Kebangsaan. Jurnal: Penelitian Medan Agama, 10(2), 153. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/medag/article/view/6417/3050

Fahrudin, F., Firdaus, E., & Shafiyullah, A. (2020). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Budaya Religius Di Smpn 44 Bandung. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 7(2), 126–139. https://doi.org/10.17509/t.v7i2.26312

Hardayani. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (P. Ilmu (ed.)).

Nadziroh, Chairiyah, & Pratomo, W. (2018). Hak Warga Negara Dalam Memperoleh Pendidikan Di Indonesia. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 4(3), 400–405.

Putri, R., Murtono, M., & Ulya, H. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Film Animasi Upin dan Ipin. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1253–1263. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1401

Rosida, Muhammad Sulistiono, D. W. E. (2022). PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI BUDAYA RELIGIUS DI SDI AL MA’ARIF 01 SINGOSARI. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3(April), 49–58.

Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (C. Alfabeta (ed.)).

Widiastuti, H. (2018). Peran Guru dalam Membentuk Siswa Berkarakter. Pendidikan Karakter di Tingkat Sekolah Dasar, 41–53. http://hdl.handle.net/11617/1670


Refbacks

  • There are currently no refbacks.