Pemanfaatan Youtube Neuron “Corona Virus (Covid-19)” Sebagai Alternatif Pembelajaran Teks Eksplanasi Kelas XI di SMA Negeri 1 Sewon

Hanifah Ibtihal Khumsa', Nur Puji Astiwi, Dedi Wijayanti

Abstract


Tujuan penelitian ini dilakukan adalah selain sebagai tugas luaran program pengenalan lapangan persekolahan yang kedua, bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan Youtube Neuron “Corona Virus (Covid-19)” sebagai media pembelajaran  dan alternatif dalam pembelajaran teks eksplanasi kelas XI di SMA Negeri 1 Sewon. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan referensi bagi pembaca dan menambah pengetahuan dalam pemanfaatan teknologi di era digital seperti saat ini. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Youtube Neuron yang berjudul “Corona Virus (Covid-19)”. Objek penelitian adalah pemanfaatan Youtube Neuron “Corona Virus (Covid-19)” Sebagai Alternatif Pembelajaran Teks Eksplanasi Kelas XI di SMA Negeri 1 Sewon. Penelitian ini menghasilkan data dari 9 pertanyaan yang dicantumkan. Presentase siswa kelas XI yang tertarik dengan penayangan video Youtube sebanyak 92,2%. Kedua, presentase yang merasa terbantu dengan penanyangan video Youtube tersebut sebanyak 90,2%. Ketiga, presentase siswa dengan adanya pembahasan bersama dapat menambah pemahaman sebanyak 100%. Keempat, presentase siswa yang merasa terbantu dengan adanya LKPD sebanyak 96,1%. Kelima, presentase siswa yang merasa terbantu adanya diskusi sebanyak 92,2%. Keenam, presentase siswa terkait diskusi dapat membantu memecahkan masalah sebanyak 90,2%.  Ketujuh, presentase siswa yang merasa terbantu adanya presentasi sebanyak 78,4%. Kedelapan, presentase siswa yang merasa terbantu adanya lembar evaluasi sebanyak 94,1%. Dan kesembilan, presentase siswa yang merasa lebih mudah dengan tanyangkan video Youtube tersebut sebanyak 98%.


Keywords


Pemanfaatan Youtube, Alternatif Pembelajaran, Teks Eksplanasi

Full Text:

PDF PDF

References


Baity, N., Soleh, D. R., & Winarsih, E. (2021). Analisis kesalahan berbahasa tataran linguistik pada surat resmi di universitas pgri madiun. Widyabastra, 09(2), 25–32. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2600

Darmayanti, I., Prasetya, I., & Yasa, I. N. (2007). PEMANFAATAN VLOG UNTUK MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS TEKS K13. 4743, 93–102.

Hanifah Salsabila, U., Irna Sari, L., Haibati Lathif, K., Puji Lestari, A., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138

Masruroh, Uah dkk. (2022). Implementasi Literasi Digital dalam Keterampilan Berbicara melalui Siniar untuk Membentuk Personal Branding Siswa SMA Negeri 1 Telukjambe dan SMA Negeri 1 Majalaya Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(2), 2379–2390.

Maulana, A. I. (2020). PEMANFAATAN MEDIA YOUTUBE DALAM MENINGKATKAN. 348–353.

Pratiwi, B., & Puspito Hapsari, K. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Pemanfaatan YouTube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 282. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24238

Powerman. (2021). Upaya Peningkatan Kompetensi Belajar Bahasa Indonesia melalui Metode Diskusi Kelompok Menggunakan Point System bagi Siswa Kelas X SMAN 16 Tebo. Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 1(4), 329–335.

Sistadewi, M. A. (2021). Penggunaan Media Youtube Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Masa Sekolah Tatap Muka Terbatas. 10(2), 186–194.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (ke-23). ALFABETA.

Tarigan, J. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Bantuan Media Video Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas Xi Iis Sma Negeri 1 Singaraja. Journal of Education Action Research, 2(2), 123. https://doi.org/10.23887/jear.v2i2.12302

Tutiasri, R. P., Laminto, N. K., & Nazri, K. (2020). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bagi Mahasiswa di Tengah Pandemi Covid-19. 2, 1–15.

Umam, M. K. (2018). Peningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Manajemen Peserta Didik. FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman, 9(2), 1–20. https://doi.org/10.36835/falasifa.v9i2.115

Yuniati, I., Suyuthi, H., & Hakim, M. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Media Youtube Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA IT Kota Bengkulu. 4(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.