ANALISIS KETERLAMBATAN SISWA SMAN 1 TURI SERTA PEMECAHANNYA MENGGUNAKAN KONSELING KELOMPOK REALITA

Zanet Hapsari, Amien Wahyudi

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui (1) keterlambatan siswa datang ke sekolah; (2) Faktor Penyebab Keterlambatan Siswa; (3) Dampak Siswa Terlambat; dan (4) Penanganan Pihak Sekolah terhadap siswa  terlambat datang ke sekolah. Jenis dari penelitian ini yaitu penelitian kualitatif studi kasus. Peneliti dalam penelitian ini dalam pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XII IPS SMA N 1 Turi yang terlambat datang ke sekolah. Wawancara dilakukan kepada 8 siswa yang bersangkutan dan guru BK. Dokumentasi dalam penelitian ini berupa rekap presensi. Untuk penanganan permasalahan keterlambatan siswa di sekolah ini diberi penanganan oleh pihak sekolah dengan bekerjasama guru BK menggunakan konseling kelompok realita. Dimana konseling realita ini memiliki tujuan membantu konseli agar mampu mengurus dirinya sendiri serta dapat menentukan perilakunya dalam bentuk nyata, mendorong konseli untuk bertanggung jawab segala resiko yang ada sesuai dengan kemampuan dan keinginannya dalam perkembangan dan pertumbuhan, mengembangkan rencana yang nyata dan realisitik. Konseling realita ini juga lebih berorientasi pada masa kini sehingga sesuai dengan permasalahan keterlambatan siswa.

Full Text:

PDF

References


Arsaf, N. A. (2016). Faktor penyebab pelanggaran tata tertib (studi pada siswa di sma negeri 18 makassar). Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 3(1).

Bariyyah, K., Hastini, R. P., & Sari, E. K. W. (2018). Konseling realita untuk meningkatkan tanggung jawab belajar siswa. Konselor, 7(1), 1–8.

Darwati, Y. (2015). Keterlambatan Mahasiswa dalam Studi ditinjau dari Teori Atribusi dari Weiner. UNIVERSUM: Jurnal KeIslaman dan Kebudayaan, 9(1).

Daud, A. (2019). Penanganan Masalah Konseli Melalui Konseling Realitas. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami, 5(1), 80–91.

Emiliana, O. (2019). Pelaksanaan Konseling Kelompok Pendekatan Realita Strategi Wdep Pada Kasus Disiplin Diri Rendah Empat Siswa Kelas Viii Di Smp ‘X’. Psiko Edukasi, 17(1), 69-79.

Faharuddin, B., & Khusumadewi, A. (2017). Penerapan Konseling Kelompok Cognitive Restructuring Untuk Mengurangi Perilaku Siswa Terlambat Masuk Sekolah Di SMP Negeri 1 Campurdarat Tulungagung. Www. e-Jurnal. Com/2017/06/Penerapan-Konseling-Kelompokcognitive. Html Diakses Pada, 19.

Insyiroh, L. (2017). Studi Tentang Penanganan Siswa yang Terlambat Tiba di Sekolah oleh Guru BK SMA Negeri 1 Gresik [PhD Thesis]. State University of Surabaya.

Lumongga, D. N. (2017). Konseling kelompok. Kencana.

Pramono, F., Saputra, S. A., & Burhanuddin, K. A. (2018). Komparasi Klasifikasi Penentuan Keterlambatan Siswa SMA Datang Upacara Menggunakan Algoritma C4. 5. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Sentika), Halaman, 80–86.

Pratiwi, S., & Pratiwi, T. I. (n.d.). PENERAPAN KONSELING KELOMPOK REALITA UNTUK MENURUNKAN TINGKAT KETERLAMBATAN SISWA SMA NEGERI 1 GRESIK.

Rasimin, M. P., & Hamdi, M. (2021). Bimbingan dan Konseling Kelompok. Bumi Aksara.

Ristianti, D. H., & Fathurrochman, I. (2020). Penilaian Konseling Kelompok. Deepublish.

Saputra, D., Sarbini, M., & Kohar, A. (2021). Implementasi Manajemen Peserta Didik dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa dan Prestasi Sekolah di SMK Karya Insani Megamendung Bogor. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 1(01), 63-74.

Sukarmiasih, N. W. (2017). Penerapan Bimbingan Kelompok Sebagai Upaya Mengatasi Siswa Terlambat Hadir Ke Sekolah Pada Siswa Kelas IX Smpn 2 Banjar. Daiwi Widya, 4(3).

Widodo, B. (2011). Keefektifan konseling kelompok realitas mengatasi persoalan perilaku disiplin siswa di sekolah. Widya Warta, 35(01).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.