Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Materi Jaringan Tumbuhan
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Agustina, S., Muslim, A., & Irianto, S. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Stad Berbantu Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VB SDN 4 Teluk, Bayumas Kabupaten Jawa Tengah. Jurnal Ilmiah Didaktika, 21(1), 79–99.
Amaliah, R. (2017). Hasil belajar Biologi Materi Sistem Gerak Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (RTE) Pada Siswa Kelas XI SMAN 4 Bantimurung. Jurnal Dinamika, 8(1), 11–17. https://ejournal.umm.ac.id
Aseany, L. K. A. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Cooperative Learning. 2(3), 450–460. https://doi.org/10.5281/zenodo.5681260
Esminarto, Sukowati, Suryowati, N., & Anam, K. (2016). Implementasi Model STAD Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Riset dan Konseptual, 1(1), 16–23.
Gunawan, Kustiani, L., & Hariani, L. S. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI), 12(1), 14–22. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35688
Husein, W. M. (2022). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Penerapan Teknologi Informasi di MI Miftahul Ulum Bago Pasirian. Jurnal Petisi (Pendidikan Teknologi Informasi), 3(1), 20–28. https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v3i1.1800
Indy, R., Waani, F. J., & Kandowangko, N. (2019). Peran Pendidikan Dalam Proses Perubahan Sosial Di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara. Journal Of Social and Culture, 12(4), 1–21. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/holistik/article/view/25466
Maemunah, S., & Pramesti, D. I. (2019). Pengembangan Modul Jaringan Tumbuhan Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 2(2018), 129–136. http://jurnal.um-palembang.ac.id/dikbio/article/view/1923
Mariani, N. P. E., Wendra, I. W., & Yasa, I. . Y. (2019). Model Kooperatiftipe Staddalam Pembelajaran Menulis Fabel Di Kelas VII SMP Negeri 2 Seririt. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 9(2), 194–203. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v9i2.20399
Mustafidah, H., Imantoyo, A., & Suwarsito, S. (2020). Pengembangan Aplikasi Uji-t Satu Sampel Berbasis Web. Jurnal Informatika, 8(2), 245. https://doi.org/10.30595/juita.v8i2.8786
Nugroho, S. B., Nugroho, D., & Kustanto. (2014). Korelasi Antara Prestasi Akademik Dengan Tingkat Kemampuan TIK Pada Sekolah Dasar Negeri 3 Malangjiwan. Jurnal TIKomSiN, 2(2), 10–14.
Peranginangin, A., Barus, H., & Gulo, R. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Di Ajar Dengan Model Pembelajaran Elaborasi Dengan Model Pembelajaran Konvensional. Jurnal Penelitian Fisikawan, 3(1), 43–50.
Rahman, A. B., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Jurnal Al Urwatul Wutsqa, 2(1), 1–8.
Suarbawa, I. P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Desain Grafis Vektor. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 2(1), 57–64. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i1.17608
Suryana, Y. R., & Somadi, T. J. (2018). Kajian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Dalam Upaya Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar Akuntansi. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 2(2), 133–145. https://doi.org/10.23969/oikos.v2i2.1049
Syamsu, F. N., Rahmawati, I., & Suyitno. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran STAD terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang. International Journal of Elementary Education, 3(3), 344–350. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19450
Tanjung, I. F. (2016). Guru dan Strategi Inkuiri Dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Tarbiyah, 23(1), 64–82.
Wibowo, R. A., & Kurniawan, A. A. (2020). Analisis Korelasi Dalam Penentuan Arah Antar Faktor Pada Pelayanan Angkutan Umum Di Kota Magelang. Journal of Electrical Engineering, Computer and InformationTechnology,1(2), 1–6. https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/thetaomega/article/view/3552
Wulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 17–23. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.1754
Yani, A., Muhsyanur, Sahriah, Haerunnisa, & Salmawati, S. (2018). Efektivitas Pendekatan Saintifik Dengan Media Booklet Higher Order Thinking Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Sma Di Kabupaten Wajo. Jurnal Biology Science and Education, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.33477/bs.v7i1.387
Refbacks
- There are currently no refbacks.