Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Materi Jaringan Tumbuhan

Indah Permatasari, Fika Pita Loka, Trianik Widyaningrum, Yani Apryani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta pada materi jaringan tumbuhan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Populasi  penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI program MIPA tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah 8 kelas. Sampel terdiri dari dua kalas, yaitu kelas perlakuan dan kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui posttest. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji statistik menggunakan SPSS versi 20 dengan melalui beberapa tahap yaitu uji prasyarat, uji dan t. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil belajar pada kelas perlakuan dan kelas kontrol berbeda nyata. Rata–rata hasil belajar siswa pada kelas perlakuan adalah 75,65, sedangkan rata–rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol ialah 42,78. Kesimpulan implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI materi jaringan tumbuhan.

Full Text:

PDF

References


Agustina, S., Muslim, A., & Irianto, S. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Stad Berbantu Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VB SDN 4 Teluk, Bayumas Kabupaten Jawa Tengah. Jurnal Ilmiah Didaktika, 21(1), 79–99.

Amaliah, R. (2017). Hasil belajar Biologi Materi Sistem Gerak Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (RTE) Pada Siswa Kelas XI SMAN 4 Bantimurung. Jurnal Dinamika, 8(1), 11–17. https://ejournal.umm.ac.id

Aseany, L. K. A. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Cooperative Learning. 2(3), 450–460. https://doi.org/10.5281/zenodo.5681260

Esminarto, Sukowati, Suryowati, N., & Anam, K. (2016). Implementasi Model STAD Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Riset dan Konseptual, 1(1), 16–23.

Gunawan, Kustiani, L., & Hariani, L. S. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI), 12(1), 14–22. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35688

Husein, W. M. (2022). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Penerapan Teknologi Informasi di MI Miftahul Ulum Bago Pasirian. Jurnal Petisi (Pendidikan Teknologi Informasi), 3(1), 20–28. https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v3i1.1800

Indy, R., Waani, F. J., & Kandowangko, N. (2019). Peran Pendidikan Dalam Proses Perubahan Sosial Di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara. Journal Of Social and Culture, 12(4), 1–21. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/holistik/article/view/25466

Maemunah, S., & Pramesti, D. I. (2019). Pengembangan Modul Jaringan Tumbuhan Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 2(2018), 129–136. http://jurnal.um-palembang.ac.id/dikbio/article/view/1923

Mariani, N. P. E., Wendra, I. W., & Yasa, I. . Y. (2019). Model Kooperatiftipe Staddalam Pembelajaran Menulis Fabel Di Kelas VII SMP Negeri 2 Seririt. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 9(2), 194–203. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v9i2.20399

Mustafidah, H., Imantoyo, A., & Suwarsito, S. (2020). Pengembangan Aplikasi Uji-t Satu Sampel Berbasis Web. Jurnal Informatika, 8(2), 245. https://doi.org/10.30595/juita.v8i2.8786

Nugroho, S. B., Nugroho, D., & Kustanto. (2014). Korelasi Antara Prestasi Akademik Dengan Tingkat Kemampuan TIK Pada Sekolah Dasar Negeri 3 Malangjiwan. Jurnal TIKomSiN, 2(2), 10–14.

Peranginangin, A., Barus, H., & Gulo, R. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Di Ajar Dengan Model Pembelajaran Elaborasi Dengan Model Pembelajaran Konvensional. Jurnal Penelitian Fisikawan, 3(1), 43–50.

Rahman, A. B., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Jurnal Al Urwatul Wutsqa, 2(1), 1–8.

Suarbawa, I. P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Desain Grafis Vektor. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 2(1), 57–64. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i1.17608

Suryana, Y. R., & Somadi, T. J. (2018). Kajian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Dalam Upaya Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar Akuntansi. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 2(2), 133–145. https://doi.org/10.23969/oikos.v2i2.1049

Syamsu, F. N., Rahmawati, I., & Suyitno. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran STAD terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang. International Journal of Elementary Education, 3(3), 344–350. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19450

Tanjung, I. F. (2016). Guru dan Strategi Inkuiri Dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Tarbiyah, 23(1), 64–82.

Wibowo, R. A., & Kurniawan, A. A. (2020). Analisis Korelasi Dalam Penentuan Arah Antar Faktor Pada Pelayanan Angkutan Umum Di Kota Magelang. Journal of Electrical Engineering, Computer and InformationTechnology,1(2), 1–6. https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/thetaomega/article/view/3552

Wulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 17–23. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.1754

Yani, A., Muhsyanur, Sahriah, Haerunnisa, & Salmawati, S. (2018). Efektivitas Pendekatan Saintifik Dengan Media Booklet Higher Order Thinking Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Sma Di Kabupaten Wajo. Jurnal Biology Science and Education, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.33477/bs.v7i1.387


Refbacks

  • There are currently no refbacks.