IDENTIFIKASI HAMBATAN PELAKSANAAN PRAKTIKUM BIOLOGI DAN ALTERNATIF SOLUSINYA DI SMA NEGERI 1 PUNDONG

Asti Dwi Pratiwi, Dwi Yuliyanti, Yahya Hanafi

Abstract


Kegiatan praktikum di laboratorium tidak selalu dapat berjalan dengan lancar karena adanya hambatan-hambatan dalam pelaksanaannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hambatan pelaksanaan praktikum biologi dan alternatif solusinya di SMA Negeri 1 Pundong. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif deskriptif, dengan menggunakan metode survei. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan observasi. Bentuk instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan kuesioner tertutup dengan 10 pernyataan. Responden pada penelitian ini yaitu guru pengampu mata pelajaran biologi sebanyak 2 orang dan siswa siswi kelas XI MIPA 1, MIPA 2, dan MIPA 3 sebanyak 105 siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa identifikasi hambatan pelaksanaan praktikum biologi yang ditemukan di SMA Negeri 1 Pundong secara umum yaitu pada pelaksanaan praktikum, persiapan alat dan bahan, ketersedian alat dan bahan, sumber daya manusia (SDM) serta alokasi waktu yang tidak cukup. Alternatif solusi yang dapat dilakukan yaitu guru dapat melakukan inovasi pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran Vlab atau virtual laboratorium yang efektif digunakan sebagai pengganti pelaksanaan praktikum secara langsung.

Abstrak:

Kegiatan praktikum di laboratorium tidak selalu dapat berjalan dengan lancar karena adanya hambatan-hambatan dalam pelaksanaannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hambatan pelaksanaan praktikum biologi dan alternatif solusinya di SMA Negeri 1 Pundong. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif deskriptif, dengan menggunakan metode survei. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan observasi. Bentuk instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan kuesioner tertutup dengan 10 pernyataan. Responden pada penelitian ini yaitu guru pengampu mata pelajaran biologi sebanyak 2 orang dan siswa siswi kelas XI MIPA 1, MIPA 2, dan MIPA 3 sebanyak 105 siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa identifikasi hambatan pelaksanaan praktikum biologi yang ditemukan di SMA Negeri 1 Pundong secara umum yaitu pada pelaksanaan praktikum, persiapan alat dan bahan, ketersedian alat dan bahan, sumber daya manusia (SDM) serta alokasi waktu yang tidak cukup. Alternatif solusi yang dapat dilakukan yaitu guru dapat melakukan inovasi pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran Vlab atau virtual laboratorium yang efektif digunakan sebagai pengganti pelaksanaan praktikum secara langsung.


Keywords


Identifikasi, Hambatan, Praktikum biologi, Alternatif solusi

Full Text:

PDF

References


Atnur, W. N., Lufri, L., & Sumarmin, R. (2015). Analisis Pelaksanaan Praktikum IPA Biologi Kelas VIII Semester 1 di SMP Negeri se-Kecamatan Lubuk Begalung Tahun Pelajaran 2014/2015. Kolaboratif, 2(2).

Hamidah, A. (2014). Persepsi siswa tentang kegiatan praktikum biologi di laboratorium SMA Negeri Se-Kota Jambi. Sainmatika: Jurnal Sains dan Matematika Universitas Jambi, 8(1), 221111.

Iswanto, D., & Mulyono, H. B. (2021). Analisis Manajemen Laboratorium Terpadu Mikroskopis Di Fakultas Kedokteran Universitas Cenderawasih Jayapura Papua (Studi Kasus). Indonesian Journal of Laboratory, 4(1), 21-29.

Katili, N. S., Sadia, W., & Suma, K. (2013). Analisis sarana dan intensitas penggunaan laboratorium fisika serta kontribusinya terhadap hasil belajar siswa sma negeri di kabupaten jembrana. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 3(2).

Marcella, Z., Susanti, N., & Dani, R. (2018). Analisis Hambatan Pelaksanaan Praktikum IPA Terpadu di Dua SMP Negeri Kota Jambi. EduFisika, 3(02), 41-48.

Masruri. (2020). Identifikasi hambatan pelaksanaan praktikum biologi dan alternatif solusinya di SMA Negeri 1 Moga. Jurnal Perspektif Pendidikan dan Keguruan, 11(2), 1-10.

Nasrul, D. F. (2020). Manajemen Waktu Belajar di Perguruan Tinggi pada Masa Pandemi Covid-19. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management. 1( 3) : 298-309.

Santosa, P. (2018). Mahir Praktikum Biologi, Penggunaan Alat-Alat Sederhana dan Murah Untuk Percobaan Biologi. Yogyakarta: Deepublish.

Sari, E. N., Hamidah, A. Dan Sulistioning, R. B., . (2013). Analisis Manajemen Laboratorium biologi beberapa SMA swasta di kota Jambi. Jurnal Sainsmatika.7 (1): 9.

Simatupang, A. C., & Sitompul, A. F. (2018). Analisis sarana dan prasarana laboratorium biologi dan pelaksanaan kegiatan praktikum biologi dalam mendukung pembelajaran biologi kelas XI. Jurnal Pelita Pendidikan, 6(2):109-115.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Suryaningsih, Y. (2017). Pembelajaran berbasis praktikum sebagai sarana siswa untuk berlatih menerapkan keterampilan proses sains dalam materi biologi. Jurnal Bio Educatio, 2(2): 49-57.

Ulfa, S. W. (2016). Pembelajaran Berbasis Praktikum: Upaya Mengembangkan Sikap Ilmiah Siswa pada Pembelajaran Biologi. NIZHAMIYAH, 6(1) : 65-75.

Wangid, M. N. & Sugiyanto.2013. Identifikasi Hambatan Struktural Dan Kultural Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Tugas Akhir. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 6(2).

Yaman, E. 2016. Pengoptimalan Peran Kepala Labor dalam Menunjang Pembelajaran IPA di SMPN 7 Kubung. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 1(1) : 63-71.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.