Penguatan Karakter Kedisiplinan Peserta Didik SMK Muhammadiyah 1 Wates Pasca Pandemi Covid'19

Alinda Syarofah, Hening Kusumaningrum, Ahyun Rofiah, Pathur Rahman, Sri Roviana

Abstract


Penelitian ini didasari adanya peralihan sistem pembelajaran secara daring yang dilakukan pada masa pandemi dan pembelajaran secara luring pada masa new normal atau pasca pandemi yang mana adanya peralihan tersebut diperlukan adanya penguatan karakter kedisiplinan bagi peserta didik. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengkaji, mengetahui serta mendeskripsikan mengenai penguatan karakter kedisiplinan bagi peserta didik pasca pandemi covid’19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan wawancara, observasi dan kajian pustaka. Bentuk – bentuk  karakter tidak disiplin di SMK Muhammadiyah 1 Wates meliputi penggunaan seragam yang tidak sesuai, terlambat datang ke sekolah, bolos, merokok, pelecehan seksual, kriminal. Faktor penyebab adanya peserta didik yang tidak disiplin diantaranya, adalah kurang kesadaran, pengaruh dari lingkungan keluaraga dan masyarakat. Penguatan karakter kedisiplinan peserta didik SMK Muhammadiyah 1 Wates pasca pandemi covid’19 dilakukan dengan pelaksanaan apel pagi, shalat dhuha, dan shalat dhuhur serta evaluasi  strategi penguatan karakter kedisiplinan yang memerlukan kerja sama yang baik antara orang tua dan sekolah.


Keywords


character; discipline;post pandemic covid'19

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 1993. Manajeman Penelitian. Jakarta: PT Rienka Cipta.

Bintari, Rachmatun Habibah, dan Nurul Khotimah. 2021. “Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin Aud Di Masa Pandemi Covid-19.” Kumara Cendekia 9 (3): 182–92. https://doi.org/10.20961/kc.v9i3.54009.

Dakhi, Agustin Sukses. 2020. Kiat Sukses Meningkatkan Disiplin Siswa. Deepublish.

Disdikbud Jateng, BPTIKP, Disdikbud Jateng, BPTIKP. t.t. “Buku Karakter Disiplin.” Jateng Pintar. Diakses 18 September 2022. http://pintar.pdkjateng.go.id/jenjang/pnf/materi/1966.

Fadhallah, R.A. 2021. Wawancara. UNJ PRESS.

Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter, Konsep dan Imlementasi. Bandung: Alfabeta.

Hyoscyamina, Darosy Endah. 2011. “Peran Keluarga Dalam Membangun Karakter Anak.” Jurnal Psikologi Undip 10 (2): 144–52.

Morrison, George S. 2012. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Indeks.

Ni’matuzahroh, Ni’matuzahroh, dan Susanti Prasetyaningrum. 2018. Observasi: Teori Dan Aplikasi Dalam Psikologi. UMMPress.

Nur Aidah, Siti. 2021. Pembelajaran Pendidikan Karakter. Penerbit Kbm Indonesia.

Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kualitatif. III. Bandung: Alfabeta CV.

Sukmadinata, Syaodih Nana. 2005. Metode Penelitian. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tri Widyahening, Evy, dan Nugraheni Eko Wardhani. 2016. “Literary Works and Character Education” Vol. 4, No. 1: 176–80. https://doi.org/10.15640/ijll.v4n1a20.

Wijaya, Intan Apri, Okto Wijayanti, dan Arifin Muslim. 2019. “Analisis Pemberian Reward Dan Punishment Pada Sikap Dislipin SD N 01 Sokaraja Tengah.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 5 (2): 84–91. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.17.

Yanuar, Yanuar. 2012. Jenis-Jenis Hukuman Edukatif untuk Anak SD. J. Yogjakarta: DIVA Press.

Zakaria, Alif Muhammad, Nurjannah Nurjannah, dan Mauliyana Rachmat. 2022. “Penguatan Karakter Disiplin Siswa Pasca Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Di SMK Muhammadiyah Secang).” Jurnal DinamikA 3 (1): 82–92. https://doi.org/10.18326/dinamika.v3i1.82-92.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.