Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Melalui Upacara Bendera di SD Muhammadiyah Sleman

Dheria Febriana Putri, Fina Wahyu Listiyana, Hani Indriyani, Kirana Prama Dewi

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan dengan maksud untuk memperoleh informasi tentang pelaksanaan pendidikan karakter disiplin melalui upacara bendera di SD Muhammadiyah Sleman. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriotif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh hasil bahwa  (1) Upacara bendera memiliki peran penting dalam membentuk perilaku disiplin siswa SD Muhammadiyah Sleman, (2) Perilaku disiplin dapat dibentuk melalui kegiatan upacara bendera di SD Muhammadiyah Sleman yaitu pada saat melakukan upacara bendera, siswa harus mengikuti tata tertib sekolah, melaksanakan upacara dengan benar dan memakai perlengkapan serta seragam sesuai ketentuan, (3) implementasi pendidikan karakter yang dilakukan melalui upacara bendera di SD Muhammadiyah Sleman belum terlaksana dengan baik karena masih terdapat siswa yang tidak sesuai dengan tata tertib sekolah.

 


Keywords


Pendidikan Karakter, Disiplin, Upacara Bendera

Full Text:

PDF

References


Akmaluddin, & Haqiqi. (2019). Kedisiplinan Belajar Siswa di SekolahDasar (SD) Negeri Cot Keu EungKabupaten Aceh Besar (Studi Kasus). Jurnal of Education Science (JES), 5(2), 1-12.

Alfath, K. (2020). Pendidikan Karakter Disiplin Santri Di Pondok Pesantren Al-Fatah Temboro. AL-MANAR: Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 9(1), 125-164.

Anwar, C. (2014). Internalisasi SemangatNasionalisme Melalui PendekatanHabituasi. Jurnal Studi Keislaman, 14(1), 157-172.

Audiana, D., Soleh, D., & Sumantri, M. S. (2021). Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air dan Kedisiplinan dalam Kegiatan Upacara Bendera di Sekolah Dasar DKI Jakarta. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 60-68.

Gustiranda, H. S., & Purnama, S. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Budaya Sekolah di SMPN 8 Teluk Keramat Kabupaten Sambas. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 10(1), 83.

Hasan, & dkk. (2021). Landasan Pendidikan. Tahta Media Group.

Maulidia, Bua, & Nanna. (2021). KedisiplinanBelajar Siswa dalam ProsesPembelajaran di Sekolah Dasar. JurnalPendidikan Dasar Borneo, 2(1), 111-120.

Nugraha, Y. &. (2017). Pelaksanaan dan Peran Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Pembinaan Karakter Disiplin Siswa. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III p-ISSN, 2598, 5973.

Nurgiansah, T. H., Dewantar, J. A., & Rachman. (2020). Implementation of Character Education in the Civics Education Syllabusat SMA Negeri 1 Sleman. Jurnal Etika Demonstrasi Universitas Muhammadiyah Makasar, 5(2), 110-120.

Pertiwi, R., Suchyadi, & Handayani. (2019). Implementasi Program Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Negeri Lawanggintung 01 Kota Bogor. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 2(1), 41-46.

Priyambodo, A. B. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Semangat Kebangsaan dan Cinta Tanah Air Pada Sekolah Dasar Berlatar Belakang Islam di Kota Pasuruan. Jurnal SAINS Psikologi, 6(1), 9-15.

Putri, A. S., & Hapsari, S. (2018). Penanaman Nilai Nasionalisme melalui kegiatan Upacara Hari Senin Pada Siswa SMP Negeri 3 Sawit Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Putry, R. (2019). Nilai pendidikan karakter anak di sekolah perspektif Kemendiknas. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 4(1), 39-54.

Rahmani, S. P. (2019). Upaya Pembentukan KarakterCinta Tanah Air melalui UpacaraBendera pada Siswa SD Negeri 10Banda Aceh. Jurnal Tunas Bangsa, 6(2), 318-328.

Sintya Hapsari Putri, A., & Sumardjoko, B. (2018). Penanaman Nilai Nasionalisme Melalui Kegiatan Upacara Hari Senin pada Siswa SMP Negeri 3 Sawit Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018 . Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 11.

Suhada, M. &. (2019). Hubungan Sikap Dalam Upacara Bendera Dengan Rasa Nasionalisme Dalam Pelajaran PPKn Pada Siswa Kelas X SMK Pelita Hamparan Perak Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan, 8(2), 136-142.

Sumilah, S. (2019). Penanaman Cinta Tanah Air Melalui Upacara Bendera Di SMP NEGERI 7 Probolinggo. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 5(2), 128-136.

Widiawati, Susanto, & Sanusi. (2020). Pengembanagn Karakter Disiplin Siswa Melalui Kegiatan Ektrakurikuler di SMK Texar Klari. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 5(2), 60-67.

Widodo, H. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter di SD Muhammadiyah Macanan Sleman Yogyakarta. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 22(1), 40-51.

Yasin, F. (2011). Penumbuhan kedisiplinan sebagai pembentukan karakter peserta didik di madrasah. el-hikmah(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.