Profil Self-Regulated Learning Siswa Kelas X Di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan

Naufal Yusran, Nisrina Nuraeni, Mufied Fauziah

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kondisi self-regulated learning siswa dalam menghadapi pembelajaran luring pasca pandemi pada kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif dengan teknik analisis statistik deskriptif menggunakan aplikasi SPSS for windows 25. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Moyudan yang berjumlah 181 siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu random sampling menggunakan google from. Hasil penelitian ditemukan bahwa dari 181 siswa terdapat 6% siswa memiliki tingkat SRL pada kategori rendah, 66,9% siswa pada kategori sedang, dan 32,6% pada kategori tinggi.

Keywords


Self-Regulated Learning, Siswa

Full Text:

PDF

References


Alhadi, S., & Supriyanto, A. (2017). SELF-REGULATED LEARNING CONCEPT: STUDENT LEARNING PROGRESS. 10.

Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). Pembelajaran online berbasis proyek salah satu solusi kegiatan belajar mengajar di tengah pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64–70.

Aziz, A. (2016). Hubungan Dukungan Sosial dengan Self Regulated Learning pada Siswa SMA Yayasan Perguruan Bandung Tembung. JUPIIS: JURNAL PENDIDIKAN ILMU-ILMU SOSIAL, 8(2), 103. https://doi.org/10.24114/jupiis.v8i2.5155

Damanik, B. E. (2019). Pengaruh Fasilitas Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar. Publikasi Pendidikan, 9(1), 46. https://doi.org/10.26858/publikan.v9i1.7739

Karabulut-Ilgu, A., & Jahren, C. (2016). Evaluation of Hybrid Learning in a Construction Engineering Context: A Mixed-Method Approach. Advances in Engineering Education, 5(3), n3.

Khumaero, L. A., & Arief, S. (2017). PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU, DISIPLIN BELAJAR, DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR. 13.

Listiara, A. (2015). SELF-REGULATED LEARNING DAN KECEMASAN AKADEMIK PADA SISWA SMK. 4, 6.

Manizar, E. (2015). PERAN GURU SEBAGAI MOTIVATOR DALAM BELAJAR. 1(2), 18.

Mulyana, E., Mujidin, M., & Bashori, K. (2015). Peran Motivasi Belajar, Self-Efficacy, dan Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Self-Regulated Learning pada Siswa. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(2), 165. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v4i2.4480

Nakayama, M., Mutsuura, K., & Yamamoto, H. (2021). Impact of learner’s characteristics and learning behaviour on learning performance during a fully online course. In Note Taking Activities in E-Learning Environments (pp. 15–36). Springer.

Nuraini, P., & Supriyatna, A. (2017). Kemampuan Self Regulated Learning Siswa di SMK Yudha Karya Kota Magelang. 4.

Rothe, C., Schunk, M., Sothmann, P., Bretzel, G., Froeschl, G., Wallrauch, C., Zimmer, T., Thiel, V., Janke, C., & Guggemos, W. (2020). Transmission of 2019-nCoV infection from an asymptomatic contact in Germany. New England Journal of Medicine, 382(10), 970–971.

Saputra, W. N. E., Handaka, I. B., & Sari, D. K. (2019). Self-Regulated Learning Siswa SMK Muhammadiyah di Kota Yogyakarta: Kedua Orang Tua Berpengaruhkan? Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik), 4(1), 7. https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p7-11

Sari, A. S. (2022). Profil Self Regulated Learning Siswa SMA “X” di Jember Selama Masa School From Home (SFH). 18(1), 10.

Siregar, F. H., & Perangin-Angin, A. F. (2021). Perbedaan Self-Regulated Learning Pada Siswa Kelas Internasional dengan Siswa Kelas Reguler di SMA Shafiyyatul Amaliyah Medan. JURNAL SOCIAL LIBRARY, 1(1), 19–25. https://doi.org/10.51849/sl.v1i1.24

Situmorang, Z. R. D., & Latifah, m. (2014). Pengaruh Dukungan Sosial, Konsep Diri, dan Strategi Pengaturan Diri dalam Belajar terhadap Prestasi Akademik. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 7(3), 154–163. https://doi.org/10.24156/jikk.2014.7.3.154

Sucipto, S. (2017). PENGARUH SELF-REGULATED LEARNING DAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI PROGRAM STUDI IPS SMA NEGERI DI KOTA JOMBANG. JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN, 2(2), 236. https://doi.org/10.26740/jepk.v2n2.p236-250

Ulum, M. I. (2016). Strategi Self-Regulated Learning untuk Menurunkan Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(2), 153–170. https://doi.org/10.15575/psy.v3i2.1107


Refbacks

  • There are currently no refbacks.