Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Minat Membaca Siswa Kelas III Pasca Pandemi Covid 19

Puji Tri Lestari, Desy Widyaningrum, Nur Hidayah, M. Pd

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis macam-macam faktor internal dan eksternal  penyebab rendahnya minat membaca siswa kelas III di SD Muhammadiyah Miliran Pasca pandemi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subyek penelitian adalah siswa kelas III, dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif.  Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal penyebab rendahnya minat membaca siswa kelas III SD Muhammadiyah Miliran adalah kemampuan membaca dan kurangnya kebiasaan membaca. Faktor eksternal penyebab rendahnya minat membaca siswa adalah lingkungan sekolah kurang mendukung, peran perpustakaan belum maksimal, dan pengaruh penggunaan handphone.

Full Text:

PDF

References


Azzahra, D., Triananda, S. F., Rustini, T., & ... (2022). Upaya Meningkatkan Minat Baca yang Rendah pada Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan …, 6, 9228–9230. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3871%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/3871/3233

Bakti Mafika , Sofyan Susanto, D. hari supriyanto. (2022). Analisis Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Sarana Menumbuhkan Minat Membaca Siswa Di Sdn Gemarang 7. 05(April), 65–73.

Elendiana, M. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 54–60. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.572

Hartatik, H. R. A. N. A. R. N. (2022). Faktor Pendukung Berupa Fasilitas Sekolah dalam Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa. Jurnal Agama Sosisal Dan Budaya, 5(3), 357–364.

Nasrida, V., & Royanto, L. R. M. (2022). Mengoptimalkan Dukungan Ibu dalam Meningkatkan Minat Baca Anak di Situasi Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5209–5219. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2811

Sari, C. P. (2018). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Minat Membaca Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(32), 3128–3137. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/pgsd/article/viewFile/13875/13400

Solahudin, D. dkk. (2022). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Minat Baca Pada Siswa Kelas 5 SD Negeri 4 Tanjung Lago Dandi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 1404–1409. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Sufiyah, F. (2022). Reaktivitas Minat Baca di Kalangan Siswa Kelas IV UPT SDN 110 Gresik Pada Masa Pandemi COVID-19. Research Journal, 9(1), 135–150. http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/59zm4

Swasono, M. A. H., Sa’diyah, A. I., Niafitri, R. E., & Hidayanti, R. (2020). Membangun Membangun Kebiasaan Membaca pada Anak di masa Pandemi Covid-19 melalui Program Satu Jam Tanpa Gawai di Griya Baca Desa Karangrejo. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 38–50. https://doi.org/10.32815/jpm.v1i2.236

Wahyuni, S., & Etfita, F. (2020). Android Application Development as Teaching Material. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 9(1), 53–65. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v


Refbacks

  • There are currently no refbacks.