Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Kelas I Berbantuan Media Kartu Kata di SD Muhammadiyah Domban 1

Zulfiana Damaiyanti, Renti Renita Hanum, Kirana Prama Dewi

Abstract


Masalah mendasar pada penelitian ini adalah siswa kelas satu SD Muhammadiyah Domban 1 masih memiliki keterampilan membaca yang rendah. Tujuan penelitian ini untuk menemukan cara meningkatkan kemampuan membaca melalui penggunaan kartu kata. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model penelitian Kemmis dan Mc.Taggart. Instrument yang digunakan berupa lembar observasi dan tes. Subjek penelitian ini siswa kelas satu berjumlah 10 siswa berpartisipasi dalam dua siklus, proses penelitian tindakan kelas digunakan untuk menemukan solusi dari masalah tersebut. Temuan dari siklus pertama penelitian menunjukkan bahwa 50 % dari kemampuan siswa belum tercapai. Tindakan siklus kedua menghasilkan 80% kemampuan membaca siswa yang lebih efektif. Kemampuan membaca siswa kelas satu berbantuan kartu kata merupakan strategi yang efektif di SD Muhammadiyah Domban 1.

Keywords


Kemampuan membaca, Media, Kartu Kata

Full Text:

PDF

References


Djamilatun, D. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca melalui Metode Suku Kata Berbantuan Kartu Bergambar pada Siswa Kelas I SD Negeri Becirongengor Wonoayu Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 620-625.

Irdawati, I., Yunidar, Y., & Darmawan, D. (2014). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan media gambar kelas 1 di MIN Buol. Jurnal Kreatif Online, 5(4).

Pramesti, F. (2018). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 283-289.

Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan penelitian tindakan kelas. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, 9(1), 49-60.

Subli, S. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Media Kartu Huruf Pada Siswa Kelas 1 SD N 166/IX Tanjung Lanjut Kecamatan Sekernan Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 11(2), 323-330.

Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) solusi alternatif problematika pembelajaran. Jurnal Ilmiah Edunomika, 2(01).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.