Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Matematika Materi Aljabar Kelas VII Di SMP Negeri 1 Banguntapan

Ainun Krisna Devi, Nur Rahma Soraya A. Kure, Sumargiyani Sumargiyani

Abstract


Meningkatkan  motivasi  serta minat belajar pada siswa untuk mempelajari matematika dapat dilakukan dengan cara membuat bahan  ajar  yang  menyenangkan serta menarik  perhatian  para peserta didik.  Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh guru adalah membuat bahan ajar menggunakan bantuan aplikasi canva. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan aplikasi canva sebagai media pembelajaran pada materi aljabar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian  deskriptif ADDIE yang berfokus pada desain (design).


Full Text:

PDF

References


Abi Hamid, M., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M., ... & Simarmata, J. (2020). Media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Akhmadan, W. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Materi Garis dan Sudut Menggunakan Macromedia Flash dan Moodle Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Gantang, 2(1), 27–40. https://doi.org/10.31629/jg.v2i1.62

Apriyanto, M. T., & Herlina, L. (2020). Analisis Prestasi Belajar Matematika pada Masa Pandemi Ditinjau dari Minat Belajar Siswa. Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika, 1, 135–144. http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/4774

Andayani, F., & Lathifah, A. N. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.78

Tanjung, R. E., & Faiza, D. 2019. Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Jurnal Vokasional Teknik Elektronik dan Informatika. Vol. 7(2).

Putri, A. K., & Hidayati, K. (2016). Pemanfaatan Media Pembelajaran dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 1(1), 97–106. https://doi.org/10.21154/ibriez.v1i1.14

Hazmi, N. (2019). Tugas Guru dalam Proses Pembelajaran. JOEAI: Journal of Education and Instruction, 2(1), 56-65.

Purba, Y. A., & Harahap, A. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Matematika Di SMPN 1 NA IX-X Aek Kota Batu. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1325–1334. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1335

Siregar, A., Sitorus, M., & Reflina. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Canva Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 286–289. https://yana.web.id/index.php/relevan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.