Peningkatan Hasil Belajar Matematika dalam Materi Statistika Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis LKPD Pada Peserta Didik Kelas XII IPS di SMA Muhammadiyah Kasihan

Hikmah suci wulandari, Fariz Setyawan

Abstract


Pada penelitian ini, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas berdasarkan pada permasalahan yang peneliti dapatkan di SMA Muhammadiyah Kasihan yang dimana masih rendahnya hasil belajar para peserta didik di kelas XII IPS pada pembelajaran matematika terkhususnya pada materi Statistika. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas XII IPS SMA Muhammadiyah Kasihan dalam materi Statistika dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning berbasis LKPD  selama proses kbm berlangsung. Penelitian ini dilaksanakan dan dibagi menjadi 2 siklus yang terdiri dari 6 kali pertemuan dimana tiap siklusnya terdiri dari 3 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah metode observasi, tes, evaluasi, dan dokumentasi. Data yang peneliti peroleh dari penelitian ini yaitu data yang terkait dengan kondisi peserta didik baik dari sisi kualitatif maupun sisi kuantitatif. sisi kualitatif merupakan hasil observasi dan wawancara tertulis yang dilakukan oleh peneliti di lapangan. Kemudian periksa keabsahan data yang diambil. Kemudian disusun menjadi sebuah laporan penelitian. Sisi kuantitatif yang dimaksud dalam penelitian ini yaitu hasil penilaian dari hasil belajar peserta didik. Evaluasi akhir hasil belajar diperoleh dari tes pengetahuan peserta didik berupa hasil evaluasi pembelajaran pada setiap awal dan akhir siklus penelitian.


Keywords


Penelitian Tindakan Kelas, Discovery Learning, Peningkatan Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi hasil PISA (the programme for international student assesment): Upaya perbaikan bertumpu pada pendidikan anak usia dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 30-41.

Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Perspektif ilmu pendidikan, 32(1), 67-75.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Panduan Implementasi Kecakapan Abad 21 Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Atas.

Nopitasari, E., Rahmawati, F. P., & Ratnawati, W. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Blog Pada Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1935-1941.

Ana, N. Y. (2018). Penggunaan model pembelajaran discovery learning dalam peningkatan hasil belajaran siswa di sekolah dasar. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1).

Minarni, A., Napitupulu, E. E., & Kusumah, Y. S. (2020). Perangkat pembelajaran berbasis discoverym learning berbantuan Microsoft excel untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah statistika dan soft skills siswa SMP. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 1-15.

Darmadi, H. (2017). Pengembangan model dan metode pembelajaran dalam dinamika belajar siswa. Yogyakarta: Deepublish

Kristin, F., & Rahayu, D. (2016). Pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 84-92.

Hanifah, U. (2017). Perbedaan Efektivitas Antara Penerapan Model Pembelajaran Discovery dan Inquiry Ditinjau dari Hasil Belajar IPA Siswa. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 1(2), 92-104.

Subali, B., & Guru, S. M. A. N. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Makalah disajikan pada Kegiatan Latihan dan Bimbingan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru SMAN, 1.

Arikunto, S. (2008). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Darmadi. (2017). Pengembangan model dan metode pembelajaran dalam dinamika belajar siswa. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Kristin, F. (2016). Analisis model pembelajaran discovery learning dalan meningkatkan hasil belajar siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 2(1), 90-98.

Maharani, Y. B., & Hardini, I. T. A. (2017). Penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan benda konkret untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Jurnal Mitra Pendidikan, 1 (5), 249-561.

Ridho, A. M. R., & Setyawan, F. (2022). Peningkatan Aktifitas dan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan E-Modul. Action Research Literate (ARL), 6(2), 99-117.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.