Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya 5S (senyum, sapa, salam, sopan, santun) Di MTs Muhammadiyah Kasihan

Destiawan agil Prabowo, Muhammad Reynandi Triatna Putra, Trisna Sukmayadi

Abstract


dalam rangka untuk mewujudkan Pendidikan karakter yang baik pada peserta didik Lembaga Pendidikan harus memiliki strategi dalam membentuk karakter siswa, contohnya seperti  MTs Muhammadiyah Kasihan mereka menerapkan 5S (senyum, sapa, salam, sopan, santun) dalam pembentukan karakter terhadap siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana implementasi Pendidikan karakter di MTs Muhammadiyah Kasihan Bantul melalui 5S. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendektan kualitatif. Adapaun Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan pada bulan Agustus-September 2022.

Full Text:

PDF

References


Wibowo, Agus. 2012. Menjadi Guru Berkarakter: Strategi Membangun Kompetensi dan Karakter Guru. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Baedowi, Ahmad. (2015). Manajemen Sekolah Efektif Pengalaman Madrasah Kusuma Bangsa. Jakarta : PT Pustaka Alvabet.

Putri, Anita Erlisa. 2020. Pengaruh Penanaman Budaya 5S dan Pembiasaan Salat Berjamaah terhadap Karakter Religius Siswa Kelas X dan XI MA Ma’arif Klego Ponorogo. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN): Ponorogo.

Nurul Aulia Husna. 2021. Penananaman Budaya 5S (senyum, sapa, salam, sopam, santun) pada siswa sekolah dasar. Skripsi. Fakultas Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Guru Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus.

Fransiska Silvia Dkk. 2019. Implementasi Pendidikan Krakter Melalui Budaya 5S (senyum, sapa, salam, sopan, santun). Jurnal Pendidikan madrasah ibtidiyah, PGMI Universitas Islam Malang.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung :Alfabeta.

Sutarno, Alfonsus. (2008). Etiket, Kiat Serasi Berelasi. Yogyakarta :Kanius

Khalid, Syaikh Amru Muhammad. (2003). Sabar dan Santun Karakter Mukmin Sejati. Jakarta Timur: Pustaka Al-Kautsar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.