Tingkat Konsentrasi Peserta Dididk Kelas X dan XI MIPA Terhadap Pembelajaran Biologi di SMA N 1 Ngemplak

Karlina Karlina, Rosita Rahma Sari, Ainun Mardiah, Hendro Kusumo Prasetyo Eko Moro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat konsentrasi peserta didik kelas X dan XI terhadap pembelajaran biologi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya konsentrasi dalam proses pembelajaran biologi. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan populasi seluruh peserta didik kelas X dan XI MIPA. Teknik sampling yang digunakan yaitu cluster random sampling karena mengambil kelas MIPA yang memiliki mata pelajaran Biologi. Sampel penelitian  34 peserta didik kelas X MIPA  dan 34 peserta didik kelas XI MIPA . Teknik pengumpulan data berupa angket/kuesioner dengan instrumen penelitian berupa lembar angket/kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di kelas X MIPA yang memiliki tingkat konsentrasi tertinggi dengan dikategorikan sangat baik terdapat pada variabel perhatian dan memusatkan pikiran sedangkan pada kelas XI MIPA yang memiliki tingkat konsentrasi tertinggi dengan dikategorikan sangat baik terdapat pada variabel kesiapan belajar, perhatian dan memusatkan pikiran. Berdasarkan keempat variabel yang meliputi variabel kesiapan belajar, perhatian, memusatkan pikiran, dan menjaga kesehatan yang memiliki tingkat konsentrasi dengan kategori sangat baik terdapat pada variabel perhatian, memusatkan pikiran, dan kesiapan belajar.

Keywords


Education,Concentration,Learning

Full Text:

PDF

References


Aviana, R., & Hidayah, F. (2015). Pengaruh Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Terhadap Daya Pemahaman Materi Pada Pembelajaran Kimia Di Sma Negeri 2 Batang. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, 3(1), 30–33

Afifah Nurul; Sayuti Darmin, Pramono. 2017. Problematika Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada Proses Pembelajaran Biologi Kelas VII SMP di Kecamatan Rambah Hilir. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pasir Pengaraian : Inovasi Pendidikan. Vol. I. No. 17. file:///C:/Users/ACER/Downloads/198-349-1-SM.pdf

Di, B., Negeri, S. M. P., & Lampung, B. (2015). Mengikuti Bimbingan Belajar Dengan Yang Tidak Mengikuti Bimbingan. 2(1), 53–58.

Effendi. 2017. Hubungan Readiness (Kesiapan) Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 03 Sukaraja. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol V No 1 Hlm: 15-24. http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v5i1.740

Febrianti, N. W., Arnyana, I. B. P., Bestari, I. A. P. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Untuk Materi Sistem Koordinasi Berorientasi budaya lokal Pada Pelajaran Biologi SMA. Jurnal Pendidikan Biologi Undiksha, vol 9 No 2, hlm: 103-115, https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPB/article/view/49586

Hasminidiarty. (2015). Faktor-Faktor Yang Berkaitan Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Hasminidiarty 1. Ilmiah. Jurnal Batanghari Universitas Jambi, vol 15(3), 96–110.

Ikawati, M. P. D. (2015). Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa KMS (Kartu Menuju Sejahtera) Menggunakan Konseling Kelompok Bagi Siswa. Psikopedagogia Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 158

Marhaeni1 Luh Putu, Adnyana Putu Budi, dkk. 2020. Hubungan Penggunaan Smartphone dengan Konsentrasi dan Minat Belajar Biologi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Biologi Undiksha Vol:7 No:3 Hlm 137-147. file:///C:/Users/ACER/Downloads/adminbiobaru,+30866-64732-1-RV+(137-147).pdf

Mukminanto, S. (2019). Kesulitan Guru Dalam Mengajar Mata Pelajaran Biologi Di Madrasah Aliyah Negeri Se-Kota Jambi. Skripsi : UIN Jambi. http://repository.uinjambi.ac.id/2096/

Sukri, A., & Purwanti, E. 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Brain Gym. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, vol 1(1), hlm: 50.

Setyani, M. R., & Ismah. (2018). Analisis Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Hasil Belajar. Pendidikan Matematika, 01, 73–84.

Yeddawati, Lahmi, A., Halim, S. 2020. Motivasi dan Perhatian Siswa serta Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar PAI Di Sekolah Menengah Pertama. Inovasi Pendidikan, vol 7 No 2 Hlm: 146-156, file:///C:/Users/hp/Downloads/2312-6104-1-SM.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.