IMPLEMENTASI BUDAYA 5S UNTUK PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) DI SMP MUHAMMADIYAH IMOGIRI

Riyan Dama Saputra, Yasa Handika Dwijaya, Sumaryati Yati

Abstract


Pendidikan karakter sangat penting untuk membentuk perilaku peserta didik khususnya anak-anak dan remaja yang sangat dipengaruhi oleh dampak negatif seiring perkembangan zaman. Pendidikan karakter yang paling dasar ditanamankan sejak dini khususnya saat di bangku sekolah yaitu budaya 5S (Salam, Senyum, Sapa, Sopan, Santun). Budaya 5S ini bertujuan untuk menguatkan pendidikan karakter siswa di SMP Muhammadiyah Imogiri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu dengan metode pengumpulan data observasi dan wawancara. Dengan adanya budaya 5S ini kegiatan berlangsung dengan efektif dan tepat sasaran, apabila seluruh warga sekolah saling memiliki sikap peduli akan pendidikan karakter. Sehingga tidak hanya siswa yang wajib berperilaku baik, tetapi guru sebagai salah satu faktor pendukung juga harus mampu menjadi teladan bagi siswanya. Kegiatan 5S dapat mencerminkan pengembangan karakter religius, bersahabat atau komunikatif, dan peduli sosial yang mana ini akan menjadi lebih baik jika dilakukan secara rutin dan berkelanjutan.

Keywords


Implementasi, Budaya 5S, Penguatan Pendidikan Karakter

Full Text:

PDF

References


Silvia Novinda, Fransiska et all. 2019. Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun). Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Volume 1 Nomor 2 Tahun 2019. PGMI Universitas Islam Malang

Nurlaida Khotimah, Desy. 2019. Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Melalui Kegiatan 5s Di Sekolah Dasar. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol. 2 No. 1, Februari 2019 Hal. 28-31. Univeritas PGRI Semarang

Eka Andiarini, Silvya et all. 2018. Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pembiasaan Dalam Peningkatan Mutu Sekolah. JAMP: Jurnal Adminitrasi dan Manajemen Pendidikan. Volume 1 Nomor 2 Juni 2018. Universitas Negeri Malang

Dalyono, Bambang et all. 2017. Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah. Bangun Rekaprima Vol.03/2/Oktober/2017. Universitas Terbuka Semarang

Firdaus, Rachman. 2017. Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Link Penguatan Pendidikan karakter berbasis kearifan lokal (gurusiana.id)

Baedowi, Ahmad. 2015. Manajemen Sekolah Efektif. Jakarta: PT Pustaka Alvabet.

Ujiningsih. (2010). Pembudayaan Sikap Sopan Santun di Rumah dan di Sekolah Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Karakter Siswa. (Skrpsi). FKIP Universitas Terbuka: tidak diterbitkan.

Setyadi, Yulianto Bambang. 2019. Penerapan Budaya 5S sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Siswa di MTs Muhammadiyah 9 Mondokan, Sragen. Buletin KKN Pendidikan, Vol. 1, No. 2, Desember 2019. Universitas Muhammadiyah Surakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.