Urgensi Konseling Kelompok dengan Pendekatan Solution Focused Brief Counseling untuk Meningkatkan Motivasi belajar Siswa

Ataliya Khoirotunniswah Asy Syifa, Elly Angellita Nur Muhibad, Muya Barida

Abstract


Motivasi belajar adalah sesuatu hal yang sangat penting bagi setiap individu kerena dengan adanya motivasi dalam diri individu akan membbuat individu menjadi semnagat daam menjalankan aktivitas ataupun dapat dengan mudah mencapai sesuatu yang diinginkan. Akan tetapi motivasi tidaklah mudah untuk terus mempertahankannya untuk selalu ada dalam diri individu. Oleh sebab itu individu diperlukannya ada dorongan dari luar untuk bisa meningkatkan motivasi dalam dirinya. Salah satu upaya yang dapat digunakan oleh konselor untuk menolong peserta didik adalah dengan  menggunakan  konseling kelompok dengan pendekatan  Solution Focused Brief Counseling. Tujuan peneltian ini adalah untuk menjabarkan urgensi konseling singkat berfokus solusi untuk meningkatkan motivasi belajar  pada siswa. Pendekatan konseling singkat berfokus solusi ini dapat digunakan oleh guru BK untuk meningkatkan motivasi belajar pada peserta didik. Metode penelitian yang diterapkan yaitu penelitian kualitatif atau yang dikenal sebagai kajian literature.. Kata kunci yang digunakan dalam pencarian jurnal kajian adalah motivasi belajar siswa dan Solution Focused Brief Counseling (SFBC). Hasil kajian literature menunjukkan bahwa konseling ringkas berfokus solusi yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.