Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Siswa di SMK Muhammadiyah 2 Sleman

Muhammad Saiful Siregar, Adinda Icha Rohmadani, Sutipyo Ru'iya

Abstract


penelitian ini dilakukan dengan tujuan supaya memahami  bagaimana cara menerapkan pendidikan karakter di dalam kepribadian siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Sleman. Penelitian ini berisi bagaimana cara penguatan pendidikan karakter yang dilakukan oleh sekolah untuk menunjang karakter siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini yakni penelitian lapangan (Field Research) dengan jenis pendekatan kualitatif deskriptif. Implementasi yang dilakukan oleh sekolah dalam menunjang karakter siswa ialah 1.Melakukan shalat dzuhur secara berjamaah dan shalat jumat, 2. Ekstrakulikuler Iqro dan Al-Qur’an, 3. Ekstrakulikuler Tahfidz, 4. Mata Pelajaran Ismuba. Kesimpulan dari penelitian ini ialah implementasi yang dilaksanakan oleh guru di SMK Muhammadiyah 2 Sleman sudah sangat baik terutama dalam  poin-poin  yang menunjang karakter siswa, dan juga sistem management yang ada dalam  sekolah tempat pengenalan lapangan persekolahan hanya saja belum bisa diterapkan secara maksimal dalam kegiatannya sehari-hari.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, M. Z., Haris, H., & Akbal, M. (2020). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah. Phinisi Integration Review, 3(2).

Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1), 23–24.

Dalyono, B., & Lestariningsih, E. D. (2017). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah. Bangun Rekaprima, 03, 33–42.

Fadlun maros, dkk. (2016), Penelitian Lapangan (Field Research) Pada Penelitian Kualitatif, E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 10(5), 477-494.

Indah Yuliza Tri Hartati (2022). Manfaat Shalat dalam Mencegah Perbuatan Keji dan Mungkar Prespektif Abd Al-Hayyhussein Al-Farmawi, Skripsi, hal. 46.

Marzuki, S., Kistoro, H. C. A., & Ru’iya, S. (2021). Kedisiplinan Shalat Siswa di SMK Muhammadiyah 2 Sleman Ditinjau dari Pengaruh Penggunaan Gadget. Tarbiyatuna, 5(1), 27–39.

Siti Masruroh, (2017), Pembiasaan Membaca Al-Qur’an Dalam Menanamkan Karakter Siswa (Studi Kasus Di Smk Texar Kec. Klari Kab. Karawang), Passion of the Islamic Studies Center, hlm.9

Rahman, A. M., Ru’iya, S., & Abid, D. F. (2022). Tahap Perkembangan Moral Anak Perspektif Psikologi Pendidikan Islam َ. Akhlaqul Karimah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 38–50.

Susanti, D., Rois, M., & Ifriqia, F. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Edudeena, 1(2), 75–80.

Walujo, D. A. (2017). Reposisi Guru dalam Peradaban Sekolah : Internalisasi Pendidikan Karakter dan Kompetensi Guru di Indonesia. Sosiohumanika, 10(November), 151–164.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.