Peningkatan Pemahaman Belajar Siswa Kelas IV Menggunakan Benda Konkret Pada Pembelajaran IPA

Naiscin Sesila Mupasa, Hanum Hanifa Sukma, Novita Fajar Medikasari, Tahnia Dwidiasti Aviza

Abstract


Rendahnya pemahaman siswa dalam memahami materi perubahan wujud benda pada siswa kelas IV di SD Muhammadiyahan Mertosanan merupakan pokok permasalahan penelitian ini. Penelitian ini bertujuan sebagai peningkatan pemahaman belajar siswa kelas IV menggunakan benda konkret pada pembelajaran IPA materi perubahan wujud benda di SD Muhammadiyah Mertosanan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV B di SD Muhammadiyah Mertosanan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan tes. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Setelah melakukan penelitian dan pengolahan data, temuan yang di dapatkan yaitu: Melalui soal evaluasi di akhir pembelajaran setiap siklusnya dapat menentukan hasil belajar siswa. Nilai awal siswa pra-tindakan masih jauh di bawah KKM yang ditentukan yaitu 75. Pada tindakan siklus 1 menunjukkan nilai rata-rata 70,53 yang mana masih di bawah KKM, dan tindakan siklus 2 menunjukan nilai rata-rata 89,87. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan benda konkret dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa. 

Keywords


IPA, Wujud Benda, Media Konkret

Full Text:

PDF

References


Ariesta, M., Harjono, A., & Husniati. (2020). Pengaruh Model Learning Cycle 5E Berbantuan Media Benda Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas V. Progres Pendidikan, 1(1), 24–32. http://prospek.unram.ac.id/index.php/PROSPEK/article/view/5

Arsih, R. J. M., Santosa, A. B., & William, N. (2020). Pengaruh Metode Demonstrasi Dengan Media Konkrit Terhadap Pemahaman Konsep Gerak Benda. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 4(2), 91–100. https://doi.org/10.36379/autentik.v4i2.72

Erowati, M. T. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Benda Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV di SDN Sumberejo 01. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, November, 295.

Hadiyati, N., & Wijayanti, A. (2017). Keefektifan Metode Eksperimen Berbantu Media Benda Konkret Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sekolah Dasar. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 1(1), 24. https://doi.org/10.31331/jipva.v1i1.513

Hestiningrum, R. A. (2020). Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas 5 Menggunakan Media Benda Konkret Materi Organ Pernapasan Manusia. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 3(3), 315. https://doi.org/10.20961/shes.v3i3.45856

Istiqomah, L. N., & Kristanto, A. (2015). Pembelajaran Menggunakan Benda Konkret yang Berada di Sekitar Anak Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Kelompok A. PAUD Teratai, 4(2), 4–6.

Kallesta, K. S., Yahya, F., & Erfan, M. (2018). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar IPA Fisika pada Materi Bunyi Kelas VIII SMP Negeri 1 Labuhan Badas Tahun Ajaran 2016 / 2017 Avaliable online at : http://journal.lppmunsa.ac.id/index.php/quark Avaliable online at : http://journal.lppmunsa.ac.id/. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika Dan Teknologi, 1(1), 51–58.

Maharani, B. Y., & Hardini, A. T. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning. E-Jurnalmitrapendidikan, 1, 549–561.

Rahmadhani, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Savi Dan Media Benda Konkret Terhadap Hasil Belajar Materi Sifat-Sifat Cahaya Pada Siswa Kelas V Sdn Ngadirejo Kota Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017. Simki-Pedagogia, 01(08), 1–12.

Rosidi, M. (2019). Penggunaan Media Konkret Pada Pemahaman Konsep Bagian Tumbuhan Dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IIIC. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(1), 63–68.

Saputro, K. A., Sari, C. K., & Winarsi, S. (2021). Pemanfaatan Alat Peraga Benda Konkret untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1735–1742.

Books

Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kuantitatif: quantitative research approach. Deepublish.

Arikunto,S. 2014 . Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.